Imbauan Dokter, Lengkapi Imunisasi Dasar Pada Anak

JABAR EKSPRES — Kesehatan merupakan aspek penting bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah pentingnya pemenuhan imunisasi dasar secara lengkap pada anak.

Pakar Epidemiologi Lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dr. Yudhi Wibowo memaparkan pemerintah sebaiknya terus memberikan imbauan kepada masyarakat mengenai perlindungan kesehatan pada anak, khususnya imunisasi dasar.

“Memberikan edukasi akan pentingnya imunisasi dasar kepada orang tua merupakan sebuah kewajiban,” ujarnya pada Selasa (28/2).

Wibowo mengatakan, bagi orang tua yang disiplin memberikan imunisasi pada anak, maka banyak penyakit yang dapat dicegah.

“Beberapa penyakit yang dapat dicegah, antara lain difteri, campak,pertusis, hepatitis B, tetanus, sampai haemophilus influenzae tipe B,” ungkap Wibowo.

Selain itu, Wibowo mengungkapkan, pihaknya berharap agar masyarakat turut mendukung Universal Child Immunization.

“Universal Child Immunization merupakan sebuah kondisi di mana telah tercapainya imunisasi dasar secara lengkap pada anak,” lanjutnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PBHS).

“Terapkan pula PBHS agar mencegah penyakit menular,” ujar Wibowo.

Sementara itu, Wibowo juga mengingatkan untuk menjaga pola makan dengan gizi seimbang untuk mendukung kesehatan dan memperkuat daya tahan tubuh anak.

“Jangan lupa untuk pemenuhan gizi pada anak. Terutama perbanyak protein hewani untuk memperkuat daya tahan tubuh dan kesehatannya,” ungkapnya.

BACA JUGA : Rp50 Juta Langsung Cair, Pinjol Legal Bunga Rendah, Modal HP!

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan