Program JKN Perlindungan Terbaik untuk Biaya Kesehatan Keluarga

Jabarekspres.com – Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah terbukti memberikan dampak positif terhadap akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Program JKN memungkinkan penggunanya mengakses layanan kesehatan saat harus berobat, tanpa perlu merasa khawatir terhadap biaya yang ditimbulkan. Bahkan, berbagai penyakit yang tergolong memerlukan biaya besar pun dapat ditanggung Program JKN.

Program JKN juga merupakan wujud proteksi kesehatan diri dan keluarga tercinta. Begitu menurut Shinta Dwi Lestari (29). Shinta telah terdaftar sebagai peserta JKN sejak lama, mengikuti kepesertaan JKN orang tuanya.

Baca Juga: Faskes Mitra BPJS Kesehatan Wajib Kantongi Surat Izin Operasional

Kini ia telah memiliki keluarga sendiri, sehingga kepesertaan JKN-nya mengikuti suami yang terdaftar pada segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU).

“Alhamdulillah, saya dan keluarga telah terdaftar kepesertaan JKN sejak lama. Bagaimanapun juga, jaminan kesehatan itu sangat penting sekali untuk proteksi diri dan keluarga. Saya dan keluarga sudah beberapa kali merasakan manfaat berobat sebagai peserta JKN,” ujar Shinta dalam rilis yang diterima Jabar Ekspres, Senin (27/02).

Tanpa segan, Shinta menceritakan bahwa saat ini ia sedang mengakses pelayanan kesehatan di Poli Gigi Umum setelah mendapatkan rujukan dari Puskesmas Jatihandap, fasilitas kesehatan primer tempatnya ia terdaftar. Menurutnya, ini adalah kesekian kalinya ia memanfaatkan JKN.

Baca Juga: Mudahnya Akses Layanan Lewat Antrean Online Mobile JKN

“Dulu, waktu saya lahiran di Rumah Sakit Hermina Arcamanik juga dijamin oleh Program JKN, padahal saat itu harus menjalani operasi caesar. Belum lama ini, tepatnya di bulan Januari 2023, anak saya yang baru berusia 2 tahun 6 bulan juga harus mendapatkan tindakan operasi hernia. Seluruh biaya pengobatannya dijamin penuh oleh Program JKN. Kalau harus mengeluarkan uang sendiri, biayanya pasti lumayan besar. Syukurlah, tidak ada iur biaya sepeser pun. Itulah pentingnya kepesertaan JKN kita selalu aktif,” jelas Shinta.

Selain penjaminan yang full coverage, Shinta juga mengapresiasi berbagai kemudahan akses pelayanan JKN di fasilitas kesehatan. Salah satunya sistem antrean online yang terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan