Komunita Bandung Ikut Sukseskan ASEAN di kancah Kepemimpinan Global “Chairmanship 2023”

JABAR EKSPRES – Untuk mewadahi kolaborasi peran pemerintah dan para pemuda dalam mewujudkan Visi Indonesia 2045, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI berkolaborasi dengan Komunitas #UangKita Regional Bandung menyelenggarakan Komunita Meet Up di Co&Co Hub Bandung, pada Sabtu, 18 Februari 2023.

Mengusung tema “ASEAN Matters, Epicentrum of Growth”, kegiatan ini dihadiri oleh ratusan generasi milenial. Tema ini dipilih karena Indonesia tahun ini ditetapkan memegang tongkat estafet Keketuaan ASEAN pada 2023, menggantikan Kamboja. Sebagai salah satu negara pendiri ASEAN dan negara terbesar di ASEAN, Indonesia diharapkan dapat melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menghadapi berbagai permasalahan dunia yang juga dihadapi kawasan.

Direktur PNBP Sumber Daya Alam dan Kekayaan Negara Dipisahkan, Ditjen Anggaran Kemenkeu sekaligus founder Komunita, Rahayu Puspasari mengatakan, tujuannya agar generasi muda dapat menjadi agen perubahan terkait pemahaman pengelolaan keuangan negara, dan tidak membuat kritikan masalah keuangan negara yang tidak paham.

“Saat ini anggota Komunita terus berkembang pesat di berbagai wilayah Indonesia. Harapan ke depan Komunita sebagai wadah generasi muda dapat berkontribusi dan terus menyelenggarakan kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat, terlebih terkait dengan pengelolaan Keuangan Negara,” ujar Rahayu Puspasari kepada awak media.

Selain itu, Ia mengatakan, “sebentar lagi mereka akan terjun ke dunia kerja, dan Komunita ini akan memberitahukan lebih awal kepada mereka terkait keuangan negara,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Dpjb) Jawa Barat, Heru Pudyo Nugroho mengatakan, Sejalan dengan tema yang diusung pada Komunita Meet Up kali ini, pihaknya akan terus merangkul para generasi muda di Bandung dan sekitarnya untuk turut berkontribusi mendorong suksesnya peran Indonesia, di kancah Kepemimpinan Global sebagai ASEAN Chairmanship pada tahun 2023 ini.

“Anak muda di Bandung dan sekitarnya cukup antusias ikut Komunita Meet Up kali ini. Acara ini membangun optimisme untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045 yang salah satu prasyaratnya adalah kebutuhan Sumber Daya Manusia yang unggul, berkualitas dan berdaya saing, inilah Generasi Emas yang dibutuhkan”, ungkap Heru.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan