Desa Antikorupsi 2023 di Kalimantan Selatan, Simak Infonya!

JABAR EKSPRES – Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, menjadi salah satu contoh desa antikorupsi 2023.

Tim Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat (Ditpermas), Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI) menobatkan desa antikorupsi 2023 untuk pertama kalinya.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tanah Laut, Dahnial Kifli, memaparkan, sudah ada tim dari KPK-RI datang ke wilayahnya untuk memberikan predikat desa antikorupsi 2023.

BACA JUGA : Info Gempa Terkini M 3.8 di Kota Jayapura Hari Ini 16 Februari 2023, Waspada!

“Tim KPK-RI datang untuk mengarahkan bagaiamana pemerintahan desa yang sesuai aturan agar sesuai dengan desa antikorupsi,” ujarnya pada Rabu (15/2).

Kifli masih membutuhkan arahan lebih lanjut mengenai sistem pemerintahan desa yang bisa mengedepankan jujur, transparan, berintegrasi, dan akuntabel.

Pihaknya juga masih memerlukan adanya informasi mengenai fungsi pemerintahan, tata kelola administrasi keuangan desa, hingga sistem layanan publik.

“Kami masih membutuhkan arahan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Tim KPK-RI sudah melakukan self assessment terhadap berbagai dokumen milik Pemerintah Desa (Pemdes) Bumi Jaya.

Kepala Desa Bumi Jaya, Mulyono, menjelaskan hasilnya, Pemdes Bumi Jaya mendapatkan nilai 85.26 dengan predikat A atau memuaskan dari Ditpermas KPK-RI.

“Kami berharap bisa lebih memahami dan menerapkan nilai-nilai integritas antikorupsi,” ungkap Mulyono.

“Kami tetap mawas diri dan selalu evaluasi rutin,” lanjutnya.

Mulyono Memaparkan seluruh kegiatan di wilayahnya belum terdokumentasikan. Sehingga, memperoleh nilai kurang dari 90.

Namun, Mulyono dan berbagai pihak akan selalu bekerja sama dan bertekad untuk menjauhi tindakan korupsi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan