Percepat Pelaksanaan PSN di Tahun 2023, Kanwil BPN Jabar Ajak Seluruh Satker Berkolaborasi

BANDUNG – Untuk mengukur capaian dan memastikan pelayanan berjalan baik, Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Barat melakukan rapat kerja daerah (Rakerda) tahun 2023.

Tema yang disusung pada Rakerda 2023 ini, “Penguatan Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk Mewujudkan Percepatan Pelaksanaan PSN Tahun 2023 ” di Hotel Holiday Iin, Kota Bandung, Senin 30 Januari 2023.

Kepala Kanwil BPN Jabar, Dalu Agung Darmawan mengatakan pelaksanaan Rakerda ini melibatkan seluruh satuan kerja (satker) yang ada di Jawa Barat. Tujuannya untuk terus berkolaborasi untuk mensukseskan program strategis Nasional.

“Kita pengen kolaborasi dengan pemerintah daerah, baik provinsi kabupaten/kota itu lebih deket lagi untuk mensukseskan program-program strategis nasional yang ada di Jawa Barat,” kata Dalu.

“Lebih khusus lagi terkait dengan agraria dan tata ruang, sehingga proses perjalanan penyelesaian PSN yang ada di Jawa Barat ini lebih mantap lagi, lebih sukses lagi,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, sebagian besar program strategis nasional ni dimanfaatkan oleh masyarakat. Dengan demikian, BPN Jabar ingin masyarakat bisa terlibat langsung.

“Masyarakat terlibat aktif. Jadi tinggal diperlukan peran dari pemerintah daerah untuk membangkitkan partisipasi masyarakat itu” jelas dia.

Dia menyebutkan, pada tahun 2023 Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Jabar untuk ASN: PBT Desa Lengkap 141.216Ha, PBT 28.565Ha dan SHAT 330.795 bidang. Sementara untuk partisipasi masyarakat, PBT 608. 143 bidang, PBT 23.815 bidang dan SHAT 480.262 bidang

“PSN yang terkait dengan pertanahan agraria itu yang pertama untuk PTSL hampir seluruh kabupaten/kota, sudah selesai pendaftarannya,” sebutnya.

Selain itu, dia mengatakan untuk pengadaan tanah ada 20 lokasi satker yang meliputi 27 titik PSN. Menurutnya hal itu sangat penting karena berkaitan dengan infrastruktur.

“Tata ruang juga juga bagian terpenting karena tata ruang sebagai panglima dari seluruh aktivitas yang ada di atas tanah itu,” tandas dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan