Polres Cimahi Turunkan Personel Bantu Tekan Angka Stunting

Jabarekspres – Untuk mendukung program pemerintah, Polres Cimahi ikut mendukung dalam program penurunan akngka Stunting di Kota Cimahi.

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan seluruh jajaran untuk membantu Dinkes Cimahi menyosialisasikan program Stunting ke masyarakat.

Menurutnya, sinergitas ini dilakukan merupakan arahan dari Kapolri Jendral Listyo Sigit yang memberikan perintah agar anggota polisi turut terlibat dalam program penurunan angka stunting.

‘’Kita akan terjukan anggota, dengan melakukan sosialisasi dan memberikan bantuan bahan makanan bergizi kepada anak-anak balita dan ibu hamil,’’ kata Aldi kepada wartawan, Sabtu, (28/1).

Dia mengatakan, keterlibatan Polri mapun TNI dalam penurunan stunting merupakan kewajiban yang sudah diperintahkan dari Kapolri. Hal ini dilakukan agar masa depan anak-anak di Indonesia menjadi lebih baik.

Menurutnya, kasus stunting yang ada di Kota Cimahi masih harus ditekan dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa memberikan makanan dengan asupan gizi yang cukup kepada anak adalah sangat penting untuk pertumbuhan.

Polres Cimahi telah berkomitmen bersama stakeholder terkait termasuk melibatkan ibu-ibu Bhayangkari untuk ikut berperan aktif memberikan penjelasan mengenai stunting ke masyarakat.

Sementara itu,Kadinkes kota Cimahi dr Mulyati menyampaikan, saat ini kasus stunting di Kota Cimahi pada 2021 ada 19.9 persen.

Jumlah ini mengalami penurunan pada tahun lalu sehingga bisa mencapai 16,4  persen. Bahkan pada tahun ini ditargetkan kembali turun di Kota Cimahi.

Kendati begitu, berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada Agustus 2022 lalu, angka di Kota Cimahi sudah mencapai 9,7 persen.

Mulyati mengakui, saat ini di 15 Kelurahan masih ada balita yang lahir dalam keadaan tumbuh kembangnya kurang kurang baik.

Untuk itu, agar masalah stunting cepat teratasi, Dinkes meminta agar ada sinergitas antar institusi untuk menekan angka stunting ini.

“Kita sinergitas dan bersama-sama untuk menyelesaikan masalah stunting dari berbagai pihak yang terkait dan saya berterimakasih atas dukungan dari Bapak Kapolres Cimahi, ” tutup Mulyati.

Untuk diketahui, melansir dari Kemenkes.go.id, stunting adalah kondisi pertumbuhan anak yang mengalami gangguan. Sehingga anak tumbuh lebih pendek dari teman seusianya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan