Gelar Wayang Golek, Jaringan Relawan GMP Sebut Sebagai Bentuk Melestarikan Budaya

KABUPATEN BANDUNG – Jaringan relawan yang tergabung dalam Ganjar Muda Padjajaran (GMP) menggelar acara Pagelaran Wayang Golek serta Penyerahan Lukisan Ganjar Pranowo di Padepokan Giri Harja, Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung.

Untuk diketahui, wayang golek merupakan salah satu kesenian khas Jawa Barat (Jabar) yang populer di kalangan masyarakat.

Sehingga dengan hal itu, mayoritas masyarakat akan berkumpul bahkan menyaksikan seni pertunjukkan wayang golek tersebut.

 

Ketua GMP Pusat, Rendra menjelaskan, adanya kegiatan tersebut merupakan rangkaian kolaborasi antara seniman dengan GMP.

Tujuannya, kata dia, adalah memberikan apresiasi kepada pelaku industri kesenian khususnya di Jawa Barat.

’’Ini merupakan kegiatan kolaborasi antara kami (GMP) dengan Padepokan Giri 0 Harja. Kami sadar betul bahwa kondisi seni tradisional khususnya di Jawa Barat makin tergerus di tengah modernisasi. Kami hadir di sini berupaya untuk terus melestarikan kesenian khususnya Wayang Golek,” ucapnya, Selasa (17/1).

Sesuai dengan visi misi GMP yakni menjabarkan Ganjar dan meng-Ganjarkan Jabar. Rendra mengaku bahwa pihaknya akan terus berupaya melakukan konsolidasi dengan berbagai lapisan masyarakat terutama pemuda di Jawa Barat.

 

“Kami hadir di sini untuk memberikan solusi kepada masyarakat, seperti contohnya apa yang kita lakukan saat ini, setelah berdiskusi panjang mendengarkan masukan dari para tokoh kesenian, kami terjun langsung untuk membantu para pegiat kesenian untuk terus lestari. Kebetulan Pak Ganjar sendiri seringkali terlibat aktif berkomunikasi langsung dengan para seniman di Jawa Tengah,” ujarnya.

Bahkan melalui GMP juga, Rendra berharap masyarakat semakin sadar dan peduli akan kebudayaan yang selama ini sudah menjadi identitas nusantara.

 

Tak hanya soal itu, dirinya pun berkomitmen untuk merumuskan strategi lanjutan untuk terus mengencarkan kesenian khas Jawa Barat, terutama pada generasi muda.

“Pemuda saat ini harus mengenal akar budaya yang selama ini sudah melekat dalam jati diri bangsa. Upaya kami sebagai GMP ke depan akan menggelar kegiatan yang mengarah kepada pemberdayaan seniman dan budayawan Jawa Barat. Kami ingin para seniman ini bisa terbantu terutama dalam hal perekonomian,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan