Dua Gempa Guncang Bogor dan Tangerang Minggu Pagi, Simak Penjelasan BMKG

JABAREKSPRES – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dini hari tadi melaporkan terjadinya dua gempa bumi yang nyaris bersamaan. Gempa tersebut guncang dua kota yang juga berdekatan, yakni Bogor, Jawa Barat dan Tangerang, Banten. Gempa terjadi pada Minggu, 15 Januari 2023,  pagi hari tepatnya sebelum subuh.

Dari laporan BMKG tersebut diketahui Gempa pertama mengguncang Bogor dengan kekuatan mencapai magnitudo 5, dengan titik episentrum gempa bumi berpusat pada kedalaman 132 kilometer.

Hanya berselang satu detik saja gempa juga kembali terjadi di Tangerang, dengan kekuatan lebih rendah yakni 4,9 Magnitudo. Adapun lokasinya berada di 6.50 Lintang Selatan dan 106.53 Bujur Timur.

Gempa di Bogor terjadi sekitar 25 kilometer barat laut Kota Bogor, Jawa Barat, pada pukul 03.32,19 WIB.

Adapun titik koordinat getaran gempa berada di 6.52 Lintang Selatan dan 106.58 Bujur Timur.

Sementara di Tangerang, gempa terjadi pukul 03.32,18 WIB sekitar 26 kilometer tenggara Kabupaten Tangerang, Banten dengan kedalaman 151 kilometer.

Dari keterangan BMKG melalui akun resminya  di Twitter, menjelaskan bahwa kedua gempa yang terjadi baik di Bogor maupun Tangerang tersebut  diketahui tidak berpotensi atau menimbulna terjadinya tsunami.

“Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG dalam laman tersebut.

BMKG juga menambahkan bila  data dalam unggahan tersebut adalah apa yang terjadi dalam beberapa menit pertama setelah gempa. Sementara parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat, kecuali telah dianalisis ulang seismolog. (jpnn/rit)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan