Panduan Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023: Langkah demi Langkah untuk Mendapatkan Beasiswa

JABAR EKSPRES – Bagi siswa dari keluarga kurang mampu dan ingin kuliah, bisa daftar KIP Kuliah atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah di link resmi pemerintah.

Syarat mendaftar Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 bagi siswa dari keluarga kurang mampu perlu mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kulit atau di singkat KIP Kuliah 2023.

Jika dilihat pada periode 2022, pendaftaran pembuatan Kartu Pintar Indonesia Kuliah di buka pada tanggal 2 Februari 2022 hingga 1 Desember 2022 dan jika tahun ini mengacu pada pembukaan pendaftaran KIP kuliah tahun 2022, maka kemungkinan pendaftaran KIP kuliah 2023 juga di buka pada 2 Februari 2023.

Bagi siswa yang ingin mendaftar KIP kuliah 2023 dapat terus memantau jadwal pendaftaran sehingga tidak ketinggalan. banyak keuntungan yang dapat di peroleh calon mahasiswa atau mahasiswa yang mendaftar KIP Kuliah.

  • Bebas biaya pendidikan seperti SPP atau UKT
  • Tidak bayar dalam mengikuti seleksi perguruan tinggi SNBP dan SNBT
  • Mendapatkan biaya hidup untuk sehari-hari selama kuliah sebesar Rp. 800.000 hingga Rp. 1.4 juta per bulan

Pada tahun lalu banyak prodi Akreditasi C di PTN yang hanya mendapatkan kuota KIP kuliah lebih sedikit karena keterbatasan kota.

baca berita lainnya; Cara Menghasilkan Saldo Dana Gratis Secara Rutin. Cair Setiap Hari!

Perlu di ingat bahwa KIP Kuliah hanya untuk siswa atau calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu. Karena syarat dari mendaftar KIP Kuliah memang dikhususkan untuk siswa dari keluarga tidak mampu namun ingin lanjut kuliah.

Berikut kategori Bagi siswa atau calon mahasiswa yang ingin mendaftar KIP kuliah:

  • Memiliki KIP SMA atau Sederajat
  • Memiliki BPNT, KKS atau PKH
  • Siswa berasal dari panti asuhan atau panti sosial
  • Terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan keterangan Desil <4
  • Pendapatan gabungan orang tua/wali maksimal Rp. 4.000.000 (Kotor) atau pendapatan kotor maksimal Rp. 750.000 dari gabungan orang tua wali dibagi jumlah anggota keluarga.

Apabila siswa memiliki salah satu dari kriteria di atas, maka siswa masih bisa mendaftar KIP Kuliah.    

Setelah memenuhi persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, selanjutnya, siswa wajib tahu prosedur pendaftaran KIP Kuliah. Berikut prosedur pendaftaran KIP Kuliah:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan