Saung Angklung Udjo sebagai Representasi Seni Kota Bandung

JABAR EKSPRES- Saung Angklung Udjo merupakan tempat pertunjukan di Bandung, tempat ini juga merupakan tempat kesenian dan kerajinan asli Jawa Barat. Dan musik ini berasal dari bambu.

Teranyar, bahkan grup asal Saung Udjo Bandung itu berhasil tampil di Piala Dunia Qatar 2022 dalam upacara pembukaan Piala Dunia. Mereka tampil impresif dan membuat penonton terkagum-kagum. sebuah kelompok seni asal kota Bandung, Jawa Barat berkesempatan tampil di acara tersebut. Bahkan, Saung Angklung Udjo menjadi satu-satunya grup kesenian dari Asia Tenggara yang terpilih untuk tampil.

Asal usul Saung Udjo berasal dari Mang Udjo atau Udjo Ngalegena dan lebih akrab dipanggil Mang Udjo. Sejak kecil Mang Udjo sudah sering memainkan angklung di bawah pimpinan Abah Almawi. Sejak kecil ia sangat menyukai alat musik.

Pada tahun 1955 ia berkenalan dengan salah satu tokoh Angklung Legendaris bernama Daeng Sutisna dan menciptakan Angklung Diatonik. Kemudian pada tahun 1958 Mang Udjo memperkenalkan alat musik ini kepada seluruh masyarakat. Tak lama kemudian, Mang Udjo dan istrinya Ibu Uum Sumiati mendirikan Saung Angklung Udjo (SAU) pada tahun 1966. Di awal berdirinya SAU, bentuk kemasan pertunjukan benar-benar membebaskan anak-anak untuk bersenang-senang.

Sejak itu, orang mengenal Mang Udjo. Dan Mang Udjo dan istrinya memutuskan untuk mendirikan Saung Angklung Udjo pada tahun 1966. Ia pun memberikan kebebasan kepada anak-anaknya yang ingin bergabung dan belajar Angklung.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1990-an tempat itu banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Sejak saat itu, tempat-tempat tersebut sangat terkenal hingga sekarang.

Tempat tersebut merupakan tempat yang melegenda dan jika anda ke Bandung maka anda wajib mengunjungi tempat yang legendaris ini.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan