Rp300 ribu Perbulan Resmi dari Pemerintah, Klaim Sekarang Juga!

JABAR EKSPRES — Ada kabar baik bagi masyarakat Indonesia di tahun 2023 ini. Hal tersebut karena pemerintah akan meluncurkan beberapa bantuan sosial. Salah satu di antara banyak bansos 2023 yang pemerintah keluarkan di tahun ini bernama BLT Dana Desa.

Kabarnya, di tahun 2023 ini Kementerian Dalam Negeri menyiapkan dana sebesar 25% dari Anggaran Desa melalui pemerintah Desa. Nantinya, anggaran tersebut akan terbagi kepada masing-masing masyarakat kelas bawah dengan besaran Rp300 ribu setiap bulannya.

Aturan penyaluran BLT Dana Desa ini juga berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa. Kabarnya, alokasi 10% dari Dana Desa bisa terbagi untuk 75 orang dengan besaran Rp300 ribu perbulannya untuk setiap keluarga.

Bagi kamu yang ingin mengetahui apakah kamu termasuk penerima bantuan tersebut atau bukan, kamu harus mengecek terlebih dahulu. Yang pertama, kamu harus membuka browser dan halaman resmi Kemensos sampai mengisi data untuk mengecek status penerimamu. Atau mudahnya, kamu bisa melihat cara-caranya di artikel ini.

Cara Cek Bansos BLT

  1. Membuka browser lalu cari website cekbansos.kemensos.go.id
  2. Kamu harus memasukkan data dirimu seperti lokasi Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan.
  3. Memasukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai dengan data yang ada di KTP.
  4. Mengetik 8 huruf kode yang tertera dalam kotak kode dengan memisahkannya menggunakan spasi.
  5. Kalau huruf kode tadi kurang jelas, kamu bisa mengklik ikon muat ulang untuk mendapatkan kode huruf yang baru.
  6. Setelah semua kolom data terisi, kamu harus mengklik tombol “CARI DATA”.

Selain dengan mengecek halaman web Kemensos, kamu juga bisa mengecek status penerimamu dengan cara mengunduh aplikasi untuk mengecek bansos.

Aplikasi tersebut bernama Cek Bansos. Aplikasi tersebut sudah tersedia di Google Play Store. Caranya pun sama-sama mudah. setelah aplikasinya terunduh, kamu harus memilih “buat akun baru” untuk melakukan pendaftaran.

Dengan mengikuti langkah-langkah selanjutnya, kamu sudah bisa mengecek apakah kamu termasuk penerima bansos 2023 tersebut atau bukan. Dokumen yang kamu perlukan untuk daftar pun hanya KTP saja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan