Lama Tak Dirawat, Gedung Kesenian Tegar Beriman Tampak Kumuh

Jabarekspres.com – Gedung Kesenian Tegar Beriman sudah lama tak dirawat. Sehingga, bangunan yang menelan anggaran hingga Rp 8,8 miliar tersebut nampak usang dan kumuh.

Tampak atap gedung itu sudah berkarat. Dindingnya pun kusam karena banyak ditumbuhi lumut. Rumput liar banyak tumbuh dan menutupi pandangan kearah bangunan menambah kekumuhan Gedung tersebut.

Gedung kesenian itu, sudah lama dibiarkan tak diurus. Saat ini, area yang ada di gedung hanya digunakan sebagai parkiran saja.

Sebenarny ajika diurus, gedung dapat bermanfaat bagi budayawan dan masyarakat Kabupaten Bogor.

Menanggapi kekumuhan dan kerusakan gedung kesenian tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Bogor Deni Humaedi mengaku, jika Pemerintah Kabupaten Bogor sudah mempunyai rencana merawat gedung yang terletak di samping mako Polres Bogor itu.

”Kami akan melakukan perawatan terlebih dahulu agar gedung tersebut tidak terlihat kumuh,” katanya kepada wartawan, Senin (2/1).

”Yang pasti di tahun ini akan melakukan perawatan. Jika ada perbaikan seperti apa perbaikannya nanti kita lihat desainnya,” imbuh Deni.

Menurutnya, jika sudah diperbaiki, pihaknya pun berencana akan menggunakan gedung tersebut untuk kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat.

”Saya sih berharap ketika sudah ada perbaikan setidaknya bisa dimanfaatkan, harapan pas hari jadi Bogor ada event disana,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mantan Camat Cisarua ini menambahkan, pada 2023 sudah ada alokasi anggaran untuk perawatan dan perbaikan Gedung Kesenian sekitar 1 Miliar.

”Insyaallah gedung ini bisa digunakan, biar tidak kumuh  seperti sekarang,” pungkasnya. (sfr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan