Pengertian dan Penjelasan Tentang Ilmu Pengetahuan

JABAR EKSPRES- Kata ilmu berasal dari bahasa Arab, “alama” yang berarti pengetahuan. Dalam bahasa Indonesia, ilmu sering disamakan dengan istilah sains atau dalam bahasa Inggris berarti “ science” yang artinya pengetahuan. Dilansir dari Australia Academy Of Science, ilmu adalah kumpulan pengetahuan yang telah teruji kebenarannya dan disusun secara sistematis berdasarkan dengan metode ilmiah.

Secara terminologis, ada banyak pandangan tentang definisi atau pengertian ilmu yang dikemukakan para pemikir muslim, baik klasik maupun kontemporer. Beragam pandangan mengenai definisi ilmu ini sekaligus menjadi indikasi kuat betapa umat Islam memiliki perhatian serius terhadap ilmu. Al-Baqillani mendefinisikan ilmu sebagai pengetahuan tentang objek yang diketahui sebagaimana apa adanya. Definisi yang seperti ini sangat masyhur di kalangan pemikir muslim, yang sering kali dihadapkan vis-a-vis dengan istilah opini atau ra’yun. Untuk yang terakhir ini cenderung bersifat subjektif, dalam artian sang subjek memiliki peran yang sangat dominan (subjektifitas yang tinggi) dalam menilai suatu objek. Sementara itu ilmu dipandang harus meminimalisir sedapat mungkin unsur subjektifitas, karena itu ia hanya melihat objek sebagaimana yang ada pada objek itu sendiri.
Dan menurut Aristoteles ilmu ada 2 :

  • Ilmu Teoritis : Penyelidikannya bertujuan memperoleh pengetahuan tentang kenyataan.
  • Ilmu Praktis : Penyelidikannya bertujuan menjelaskan perbuatan berdasarkan pengetahuan.

Contoh :
Secara ilmu teoritis misalkan dibidang ilmu pendidikan lingkungan hidup, sampah organik dapat diurai dan sampah anorganik tidak dapat diurai karena dalam faktanya memang benar sampah organik mudah diurai oleh bakteri sedangkan sampah anorganik tidak dapat diurai oleh bakteri.
Namun secara ilmu praktis sampah organik dapat meningkatkan kesuburan tanah karena bahannya organik dapat diurai oleh bakteri yang kemudian menjadi nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Sedangkan sampah anorganik tidak dapat diurai namun di daur ulang menjadi produk baru seperti dijadikan kerajinan tas yang terbuat dari karung goni bekas, mainan anak-anak , dan lain-lain .

Dalam sudut pandang Islam, ilmu sendiri diartikan sebagai pengetahuan yang diperoleh berdasarkan ijtihad atau hasil pemikiran mendalam para ulama dan ilmuwan muslim yang didasarkan pada Alqur’an dan hadits. Alqur’an dan hadits adalah pedoman hidup manusia dan di dalamnya terdapat ilmu pengetahuan yang universal. Allah bahkan menurunkan ayat pertama yang berbunyi “Bacalah” sedangkan kita mengetahui bahwa membaca adalah aktifitas utama dalam kegiatan ilmiah. Kata ilmu itu sendiri disebut sebanyak 105 kali dalam alQur’ān dan kata asalnya disebut sebanyak 744 kali.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan