Jenis-Jenis Saham Dalam Dunia Investasi

JABAR EKSPRES – Apakah kamu tertarik dengan dunia investasi? Dan kamu ingin mencoba memulai investasi saham dan mencoba untuk berinvestasi di instrumen saham? Apa saja si jenis-jenis saham dalam dunia investasi?

Berikut ini sekilas artikel mengenai jenis saham secara umum bagi para pemula yang terbagi menjadi dalam 3 kategori:

  1. Saham Blue Chip

Saham ini memiliki kapitalisasi pasar yang besar, di atas Rp10 triliun. Perusahaan yang sahamnya tergolong blue chip adalah perusahaan besar yang terkenal luas di masyarakat dan memiliki penghasilan yang stabil. Contoh perusahaan ini adalah Astra, Bank BCA, Unilever, dan Telkom.

Saham jenis blue chip ini biasanya memiliki fundamental yang kuat dan mencetak laba yang besar, dan produknya banyak orang butuhkan.

#2 Saham Lapis Dua

Saham ini memiliki kapitalisasi pasar yang sedang, di antara Rp1 triliun hingga Rp10 triliun.

Biasanya saham lapis dua terdiri dari perusahaan yang sedang dalam fase berkembang. Harga saham lapis dua pun biasanya lebih murah dari pada saham lapis pertama, dan sering menjadi incaran investor yang memiliki modal pas-pasan dan mengharapkan keuntungan dari pertumbuhan kinerjanya.

#3 Saham Lapis Tiga

Saham ini memiliki kapitalisasi pasar yang kecil, biasanya berada di bawah Rp1 triliun. Meskipun harganya cukup murah, saham lapis ketiga ini biasanya saham gorengan dan cukup berisiko karena pergerakan harganya mudah diatur oleh bandar yang memiliki modal besar.

Nah, Itulah ketiga jenis saham secara umum. Alangkah baiknya bagi kamu para pemula lebih bisa berhati-hati dalam memilih saham apapun tipe sahamnya.  Baik itu blue chip atau saham tiga lapis, karena tidak ada jaminan bahwa saham blue chip selamanya di atas, dan saham lapis tiga selamanya murah.

Kenali saham yang Anda beli agar Anda dapat meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam dunia berinvestasi saham. Selamat Berinvestasi!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan