Optimalkan Transformasi Digital Pelayanan Publik Lewat Aplikasi Jabar Super Apps

 

Mantan Wali Kota Bandung itu juga berencana Super Apps dapat menyematkan  pelayanan interaktif lintas warga, dari lini bawah seperti sapa RW hingga sapa Gubernur.

 

Sebab, dia menilai, saat ini merupakan momentum era digitalisasi yang sangat masif dimana hampir seluruh lapisan masyarakat sudah menggegam gadget alias ponsel.

 

“Untuk pengguna ponsel yang hanya digunakan untuk komunikasi, itu jadul. Sekarang mah mau baca berita, belajar, rapat, pinjam uang, jual beli barang diakses melalui ponsel,” serunya. “Layanan ini diharapkan akan menjadi sarana komunikasi antara masyarakat dan perangkat pemerintahan. Mudah-mudahan Jabar bisa fokus dalam memberikan layanan yang terbaik secara digital,” doanya.

 

Sekadar informasi diluncurkannya aplikasi tersebut merupakan hasil kolaborasi Diskominfo Jabar dengan Bapenda Jabar dan Disnakertrans Jabar serta Dinkes Jabar.

 

Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik mengungkapan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah mewujudkan service excelent bagi masyarakat terkait dengan kemudahan akses data layanan publik secara digital terpadu dan terintegrasi.

 

Dari sisi Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat sendiri, layananan Super Apps ini bisa  meningkatkan tax awarness dan pengetahuan masyarakat tentang Pajak, sekaligus memberikan layanan prima 24 jam dalam pengelolaan informasi Kesamsatan.

 

“Meningkatkan koordinasi, kolaborasi  dan kerjasama dengan mitra Tim Pembina Samsat serta Pemerintah Kabupaten/Kota dan Stakeholders pembangunan terkait dalam upaya Optimalisasi Peningkatan Pendapatan Daerah. Selain itu juga meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam merumuskan strategi dan kebijakan pengelolaan pendapatan dan data pajak daerah yang lebih optimal,” beber Dedi Taufik.

 

Sementara untuk mayarakat, lanjut Dedi, dengan adanya layanan Super Apps ini memberikan kemudahan sehingga aplikasi digital ini bisa membuat masyarakat lebih simpel dalam membayar pajak ataupun mendapatkan informasi lainnya dari program Pemerintah Jawa Barat secara menyeluruh. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan