Inilah Daftar Bansos dan BLT 2022 yang Akan Dihapuskan Pada 2023!

JABAR EKSPRES – Penyaluran bansos dan blt 2022 hingga kini masih berlangsung. Bansos tersebut masih disalurkan karena penerimanya belum mencapai 100%.

Sebagian besar orang bertanya-tanya apakah bansos yang ada di 2022 masih tetap ada di 2023? Kira-kira apa saja bansos yang tidak ada di 2023? Apakah ada program bansos baru?

Baca artikel ini hingga tuntas supaya Anda bisa memahami secara utuh.

Bantuan sosial merupakan program unggulan dari Pemerintah Indonesia yang diselenggarakan untuk menunjang perekonomian dan tentunya menambah daya beli masyarakat.

Ada beragam bansos yang menjadi program, seperti: PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), BSU (Bantuan Subsidi Upah), BLT (Bantuan Langsung Tunai), dan BLT BBM.

Jenis program tersebut diperuntukan bagi keluarga penerima manfaat atau KPM (Kader Pembangunan Manusia) yang terdata di DKTS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Program bansos pada tahun 2022 ini sudah hampir rampung.

Baca Juga: Cair Bosku! Bantuan Sosial Sebesar Rp.600.000 Ribu Bulan Desember 2022

Berikut Daftar Bansos yang Diperkirakan Lanjut dan Tidak Dilanjutkan 2023:

1. BLT Dana Desa

Bantuan yang diperuntukan bagi warga yang tidak terdaftar penerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

2. BSU (Bantuan Subsidi Upah)

Bantuan yang diberikan kepada 16 juta pekerja akan berakhir pada tahun 2022. Bantuan tersebut merupakan subsidi upah bagi mereka yang aktif BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji maksimal 3,5 juta. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pemberian subsidi upah atau BSU kemungkinan tidak akan berlanjut pada 2023.

3. BLT BBM

Penerima BLT BBM berjumlah 20,56 juta keluarga pada periode 2022, hingga akhir Desember Kementerian Sosial belum memberikan informasi pasti BLT BBM akan dilanjut ditahun berikutnya atau tidak.

Baca Juga: Kabar Terbaru Bantuan Sosial Rp.20 Juta Cair Bulan Desember Untuk Setiap Keluarga

4. Bansos 2022 Kartu Prakerja

Pemerintah akan tetap melanjutkan program Kartu Prakerja di tahun 2023. Program tersebut dianggarkan sebesar 5 triliun untuk 1,5 juta orang. Berikut rinciannya, biaya pelatihan sebesar 3,5 juta, insentif pasca pelatihan 600 ribu, dan insentif survei 100 ribu untuk dua kali pengisian.

5. Bansos 2022 PKH

Bantuan Program Keluarga Harapan diperuntukan untuk masyarakat yang tergolong kategori miskin. Lebih lanjut bantuan PKH akan dihapuskan untuk mereka yang tidak memenuhi syarat atau unsur yang sudah ditetapkan oleh Kemensos.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan