Tips Mengatur Keuangan Biar Hemat Dan Gak Miskin Di Awal Tahun.

JABAR EKSPRES – Mengatur keuangan memang terdengar sepele. Namun faktanya ini sungguh sangat sulit dilakukan oleh banyak orang. Apalagi ini terjadi karena kebanyakan orang berprilaku konsumtif di setiap harinya.

Tak peduli berapa uang yang di hasilkan, kalau tidak bisa mengatur keuangan dengan tepat dan cermat, uang akan cepat habis. Gaji bulanan yang besar mungkin menjadi impian semua orang. Apalagi dengan kebutuhan sekarang yang terus meningkat.

Namun bagi kamu yang mungkin belum memliki pendapatan yang cukup tak perlu berkecil hati, karena kita bisa menyikapinya dengan mengatur keuangan kamu sebaik mungkin. Kamu harus cermat mengatur keuangan agar tidak tergoda hutang apalagi untuk kebutuhan sekunder yang kurang penting.

Artiker ini akan memberikan tips mengatur keuangan kalian supaya jerih payah dan keringanmu tidak “numpang lewat” begitu saja setiap bulannya. Kamu harus bisa menyisihkan uang untuk jadi dana darurat kamu dikemudian hari.

Yuk, simak tips mengatur keuangan agar uang kalian tidak cepat habis berikut ini.

  1. Metode Budgeting

Mulailah dengan metode budgeting atau secara sederhana buat pengeluran setelah kalian menerima uang baik itu dari gaji sebulan atau dari hal lainnya, pastikan kamu membayar kewajiban terlebih dahulu seperti tagihan cicilan ataupun uang bulanan. Dengan menerapkan metode 50% kebutuhan, 30% keinginan dan 20% tabungan atau investasi.

  1. Atur Priotitas Keuangan

Utamakan kebutuhan dibanding keinginan. Kebanyakan orang selalu menghabiskan uangnya untuk membeli barang diluar kebutuhan. Sehingga mereka tidak tau apa yang menjadi prioritas kebutuhan.

  1. Perbanyak Income

Perbanyaklah pemasukan dari pada pengeluran. Kamu harus mampu mengatur agar pemasukan lebih besar dari pengeluaran. Kalau saat ini uang yang kamu miliki pas-pasan, berarti kamu harus penekan pengeluran dan mencari tambahan penghasilan.

  1. Kurangi Pengeluran

Jangan terlalu sering  makan makanan diluar, makan makanan mahal, terlalu banyak nonton bioskop, Shopping, nongkrong dan sebagainya. Kamu harus bisa menekan pengeluran ini, tapi jangan lupa untuk sesekali kamupun harus Self-Rewad untuk diri kamu sendiri.

Satu hal yang perlu kamu ingat dan kamu perhatikan, saat mencoba mengatur keuangan yaitu dengan menerapkan konsisten dalam keseharian kamu. Cara ini akan bermanfaat untuk kehidupan kamu dimasa yang akan datang. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan