Disparbud Jabar Minta Wisatawan Waspadai Bencana di Lokasi Wisata

Jabarekspres – Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat (Disparbud Jabar) Benny Bachtiar mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang ingin melakukan liburan akhir tahun agar waspada terhadap terjadinya bencana di lokasi wisata.

Menurutnya, masyarakat yang akan melakukan liburan akhir tahun harus waspada. Baik itu di perjalanannya mapun di lokasi obyek wisatanya.

Benny menilai, potensi terjadi bencana saat ini sangat sulit diprediksi, namun bisa diantisipasi oleh masyarakat. Hal ini dalapat dilakukan dengan cara mengetahui informasi perkembangan cuaca.

‘’Saat ini di Jawa Barat curah hujan masih cukup tinggi, untuk itu kita harus waspada jika hendak melakukan liburan di akhir tahun,’’ kata Benny.

Mantan Sekda Kota Cimahi ini mengatakan, untuk tahun ini, ,asyarakat diprediksi akan lebih memilijh tempat untuk berlibut di wilaya pesisir pantai.

Hal ini cukup beralasan, sebab di obyek wisata pegunungan masyarakat memilih untuk menghindari terjadinya resiko bencana.

‘’Memang kalua resiko bencana pasti akan ada di mana-mana, akan tetapi wilayah pantai jauh lebih aman asalkan masyarakat tidak melakukan aktivitas berenang disaat kondisi gelombang sedang tinggi,’’ tutur Benny.

Benny mencontohkan, beberapa titik yang biasanya rawan terjadi bencana seperti di daerah aliran sungai, potensi longsor di lereng pegunungan atau bukit dan gelombang tinggi untuk wisata pantai.

Untuk mengantisaipasi bencana ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan terus menyosialisasikan mengenai kewaspadaan bencana.

Benny juga meminta kepada pemerintah daerah (pemda) Kabupaten/Kota agar lebih gencar memberikan informasi mengenai titik rawan bencana.

‘’Jadi bagi masyarakat yang akan melakukan wisata atau liburan di akhir tahun harus mewaspadai terjadinya bencana di lokasi wisata itu,’’ pungkas Benny. (san/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan