Tahun Ajaran Baru 2023 Akan Segera tiba, Intip Biaya Masuk ITB

JABAR EKSPRES – Tahun ajaran baru 2023 akan segera tiba, informasi seputar seleksi mandiri Institut Teknologi Bandung atau yang lebih dikenal dengan SM ITB banyak dicari. Bagaimana alur pendaftarannya? Apa saja jurusan yang tersedia? Simak penjelasannya dibawah ini

Mengenal SM ITB
Seleksi Mandiri (SM) ITB adalah jalur penerimaan non subsidi bagi calon mahasiswa S1. Namun, pemegang KIP-Kuliah dengan kemampuan akademik tinggi yang berasal dari keluarga kurang mampu tetap bisa mendaftar di jalur ini. Adapun komponen penilaian SM ITB yaitu sebagai berikut:

  • Hasil UTBK dan nilai rapor bagi pendaftar ke fakultas/sekolah selain FSRD
  • Hasil UTBK dan nilai rapor, hasil kemampuan seni rupa, bagi pendaftar ke FSRD
  • ITB tidak menetapkan skor atau nilai minimal UTBK dan rapor. Seleksi dilaksanakan berdasarkan capaian terbaik dari nilai rapor dan nilai UTBK peserta.
  • Calon mahasiswa FSRD akan menjalani Tes Kemampuan Seni Rupa secara offline.

Syarat Pendaftaran SM ITB

  • Siswa SMA/MA/lulusan Paket C jurus.an IPA/IPS.
  • Memiliki nilai UTBK 2022.
  • Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi lain. Khusus pendaftar ke program studi yang ada di bawah FSRD-G, harus mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa yang akan diselenggarakan secara luring (Offline). Jadwal dan informasi lengkap mengenai pelaksanaan dan tata cara Tes Kemampuan Seni Rupa akan disampaikan di akun masing-masing peserta

Biaya Pendaftaran dan UKT SM ITB 2022

Seluruh peserta SM ITB dikenakan biaya pendaftaran sebesar 500.000 rupiah termasuk biaya Tes Kemampuan Seni Rupa bagi calon mahasiswa FSRD. Mahasiswa yang diterima di jalur mandiri ITB wajib membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar 25.000.000 rupiah per semester dan Iuran Pembangunan Institusi atau uang pangkal sebesar 25.000.000 – 40.000.000 rupiah yang dibayarkan satu kali saat pendaftaran ulang. Adapun pemegang KIP-Kuliah dibebaskan dari biaya pendaftaran dan pendidikan selama 4 tahun alias gratis.

Namun, jika merasa keberatan terkait jumlah UKT yang ditetapkan, kamu bisa mengajukan keringanan UKT melalui laman https://admission.itb.ac.id/. Nantinya, mahasiswa memperoleh UKT yang lebih ringan, yaitu sekitar 1 juta, 12 juta, atau 20 juta per semester.

Tinggalkan Balasan