Festival Tari Jaipong Lagu Bentang-Bentang sukses Digelar, Berikut Nama Pemenangnya!

Jabarekspres – Berbagai penari Jaipong dari berbagai sanggar seni tari di Jawa Barat unjuk keterampilan dalam ajang lomba Festival Tari Jaipong lagu Bentang-Bentang yang telah digelar pada Minggu, (11/12).

Ajang lomba Festival Tari bentang-bentang ini sukses digelar oleh Dera Kinarya (DRK) dengan dukungan dari pemerintah Kota Bandung dan Pemprov Jabar.

BACA JUGA: Bongkar Trik! Cara Dapat Saldo Dana Gratis 250 ribu, Hanya Nonton Youtube

Festival Tari Jaipong lagu Bentang-Bentang
Festival Tari Jaipong lagu Bentang-Bentang

Ketua Panitia sekaligus penyelenggara Festival Tari Jaipong Bentang-Bentang Dede Wahyudin mengatakan, puluhan penari Jaipong  telah menampilkan tarian terbaik.

‘’Para penari telah memperlihatkan berbagai kreasi gerakan yang diciptakan oleh para koreografer dari berbagai sanggar tari di Jawa Barat,’’ ujar Dede ketika ditemui Jabarekspres, Kamis, (14/12).

BACA JUGA: Belum Terima Dana Program Indonesia Pintar? Begini Cara Cek dan Laporkan Aduannya!

Festival Tari Jaipong lagu Bentang-Bentang
Festival Tari Jaipong lagu Bentang-Bentang

Untuk kategori lomba kali ini adalah tunggal yang dimulai dari tingkat sekolah dasar sampai umum. Kemudian kategori rampak yang diikuti dari peserta untuk tingkat SD, SMP dan SMA.

Sementara itu, pencipta lagu Jaipong Tatang Taryana , MSn mengatakan, lagu tarian Jaipong Bentang-Bentang diciptakan berdasarkan pengalaman empiris ketika menyaksikan pertunjukan tarian Bajidoran di wilayah Pantura.

BACA JUGA:  Program Kartu Prakerja Gelombang 48 Segera Dibuka, Anggarannya Rp 5 Triliun!

Bentang-Bentang ini merupakan ungkapan dari sosok para penari panggung yang memiliki penampilan dan gerakan tari yang khas dan unik.

‘’Ini sangat menarik dari bagaimana para penari itu berbusana dan ini berbeda dengan tarian jaipong priangan,’’ ujar Tatang.

Gaya penari Bajodoran baik sikap dan gerak memiliki ciri khas tarian rakyat. Pebedaan dengan tarian Jaipong klasik, tarian rakyak lebih dinamis. Bahkan terkadang ada unsur erotis. Malah ada bentuk gerakan yang konyol.

BACA JUGA: Cara Ubah Pulsa Jadi Saldo Dana Gratis Lewat Aplikasi Viapulsa, Praktis dan Simpel!

Dari pengaman ini, akhirnya terinspirasi untuk membuat lagu Bentang-Bentang , sekaligus ingin mewujudkan sebuah kreativitas baru yang berasal dari beberapa gerakan tarian Bajidoran itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan