Bagaimana Tahapan dan Tips Memilih Skincare Untuk Pemula?

JABAR EKSPRESSkincare merupakan salah satu hal yang penting. Skincare bertujuan untuk melindungi kesehatan kulit, khususnya kulit wajah. Investasi pada kulit dengan skincare merupakan salah satu hal yang akan sangat bermanfaat di masa depan. Namun, kamu tidak bisa sembarangan juga dalam memilih skincare.

Bagi kamu yang masih belum tahu bagaimana cara memilih skincare yang cocok untuk kulitmu dan bagaimana tahapan dalam penggunaannya, kamu bisa menyimak artikel ini.

Facewash (Pencuci Muka)

Pencuci muka ini berfungsi untuk membersihkan minyak, debu, kotoran, dan sisa skincare malam hari. Facewash memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Biasanya, facewash memiliki tiga tekstur, gel, cream, dan busa.

Untuk memilih facewash mana yang cocok, kamu terlebih dahulu harus mengetahui tipe kulitmu. Apakah kulitmu masuk ke dalam kategori kulit kering, berminyak, atau berjerawat.

Jika kulitmu termasuk kulit berjerawat, kamu harus memilih facewash yang mengandung bahan-bahan seperti Asam salisilat, Benzoil peroksida, Alpha Hydroxy Acids (AHA).

Namun, jika kulitmu termasuk kategori kulit kering, kamu harus memilih facewash dengan kandungan Gliserin yang mampu menjaga kelembapan wajah.

Hindarilah penggunaan facewash yang mengandung Sulfat dan parfum karena dapat menimbulkan iritasi.

Serum

Serum memiliki kegunaan untuk menyelesaikan permasalahan kulit secara spesifik. Misalnya noda hitam, jerawat, dan garis halus atau kerutan.

Sama seperti memilih facewash, kandungan dalam serum juga harus menjadi bahan pertimbanganmu untuk memilih produk yang cocok.

Jika kulitmu termasuk kategori kulit kering, kamu harus memilih serum dengan kandungan Hyaluronic Acid, Vitamin C, Vitamin E, dan Gliserin.

Namun, jika kulitmu berjerawat atau memiliki bekas jerawat, kamu bisa memilih serum dengan kandungan Retinol, Niacinamide, Asam Kojic, Asam salisilat, dan Arbutin.

Moisturizer (pelembap)

Moisturizer berfungsi untuk menghidrasi kulit agar tetap lembap dan menahan kandungan air dalam lapisan kulit.

Pelembap pun memiliki fungsinya masing-masing sesuai dengan kandungannya. Mencari produk pelembap tidak jauh seperti mencari kandungan produk serum. Jika kulitmu termasuk tipe yang berjerawat, kamu harus mencari produk pelembap dengan kandungan Hyaluronic acid. Kandungan ini dapat membantu kulitmu untuk mempertahankan kelembapan alami untuk mencegah produksi minyak berlebih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan