Kondisi Terkini Korban Gempa Cianjur, Banyak Warga Terserang Penyakit

JABAREKSPRES.COM – Dua minggu paska kejadian gempa bermagnitudo 5,6 di Cianjur pada 21 November lalu, kini kondisi korban di tenda-tenda pengungsian mulai banyak yang terserang penyakit. Salah satunya yang berada di Desa Gasol, Kecamanatan Cugenang Kabupaten Cianjur.

Dari hasil pengamatan Jabarekspres dilokasi pengungsian tersebut, beberapa warga mengalami berbagai penyakit. Diantaranya Diare, sakit kepala, masuk angin serta gatal-gatal. Selain beberapa penyakit tersebut warga yang mengalami patah tulang akibat tertimpa reruntuhan bangunan juga mengaku belum tertangani dengan maksimal.

Menurut Koordinator pengungsi di kampung Benjot Desa Gasol Kecamatan Cugenang, Ustadz Nandar, warga yang berada di tenda-tenda darurat banyak yang sakit. Lantaran kondisi cuaca yang sering kali hujan lebat, membuat ketahanan tubuh pengungsi saat berada ditenda yang hanya beralaskan seadanya tersebut menjadi rawan terkena penyakit.

Dilokasi tersebut ada 142 Kepala Keluarga atau total sekitar 560 jiwa yang tersebar di 15 tenda darurat. Satu tenda bisa diisi lebih dari 20 Kepala keluarga yang saling berdesak-desakan. Karenanya bila satu orang mengalami sakit akan sangat cepat terjadi penularan.

Belum lagi lokasi pengungsian ini juga berdekatan dengan penimbunan sampah, sehingga membuat masyarakat lebih rentan lagi terkena penyakit.

Meski demikian, diakui Nandar, bahwa keberadaan posko PMI di lokasi tersebut sangat membantu menangani permasalahan kesehatan warga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *