Meriah! 5.585 Orang Padati Festival Tunas Bahasa Ibu 2022 di Pangandaran

PANGANDARAN – Sebanyak 5.585 orang hadir di Kabupaten Pangandaran untuk memeriahkan Festival Tunas Bahasa Ibu atau FTBI 2022, Rabu dan Kamis tanggal 30 November dan 1 Desember 2022. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan program Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah (RBD) sebagai wujud implementasi program Merdeka Belajar Episode ke-17 .

Menurut Dr. Syarifuddin, Kepala Balai Bahasa Jawa Barat dalam penutupan FTBI 2022 di Hotel Pantai Indah Pangandaran, ribuan orang tersebut terdiri dari ratusan peserta FTBI, pendamping, pelatih, kepala sekolah, perwakilan dinas pendidikan, para guru, dan orangtua siswa. Mereka datang ke Pangandaran untuk mendukung kontingen masing-masing dan secara langsung mendukung gerakan revitalisasi bahasa ibu.

FTBI 2022 tingkat Jawa Barat diikuti oleh 378 peserta jenjang SD dan 378 peserta jenjang SMP dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat. Para peserta ini merupakan tunas bahasa terbaik dari daerahnya masing-masing dan telah melalui proses seleksi yang panjang dari tingkat sekolah sampai kabupaten/kota.

Ada tujuh materi yang dilombakan dalam FTBI 2022 ini, yaitu mendongeng, pidato, menulis puisi, tembang pupuh, membaca dan menulis aksara Sunda, menulis cerita pendek, dan  komedi tunggal (stand up comedy).

Ada enam pemenang untuk masing-masing lomba, jenjang, dan kategori putra-putri. Dengan demikian, terdapat 168 pemenang pertama ke-1 harapan ke-3 yang diumumkan tadi malam (1/12/2022).

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. E. Aminudin Aziz, sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Sesungguhnya kebahagiaan kita adalah ketika melihat orang lain bahagia, melihat keceriaan para tunas bahasa ibu mengikuti festival ini,” ungkapnya dalam pidato penutupan.

Menurut Prof. E. Aminudin Aziz, kegiatan Revitalisasi Bahasa dan Sastra tahun 2022 digelar serempak di 13 provinsi. Lebih dari lima juta orang terlibat dan terimbas kegiatan ini. “Padahal target kita hanya 1,5 juta orang,” ucapnya.

 

Peserta Festival Tunas Bahasa Ibu Teriakkan Yel-Yel

 

Kemeriahan para kontingen ini tampak dari yel-yel yang mereka tunjukkan pada saat pembukaan dan penutupan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI). Ini sebagai bentuk dukungan pada para peserta. Mereka berlatih selama beberapa hari dengan seragam yang menampilkan ciri khas masing-masing kota/kabupaten.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan