Pandemi, Momen Kebangkitan Endang Koswara Bangun Bisnis Roti

Menurut dia, bagi pelaku usaha kecil sepertinya, pinjaman tanpa bunga dan tanpa agunan sangat membantu usahanya. Keuntungan yang didapat bisa untuk menambah modal lagi. Berbeda jika bunga pinjaman tinggi, akan sangat membebani usahanya.

“Apalagi pada kondisi saat ini, semua harga bahan baku serba naik. Sedangkan harga jual tidak bisa naik terlalu tinggi, jadi angsuran dari Kredit Mesra ini cukup membantu dan tidak membebani,” pungkas dia.

Dia mengaku, satu bulan lagi pinjamannya akan berakhir. Endang berencana kembali mengajukan pinjaman Mesra kepada bank bjb. Dia berharap pinjaman yang nantinya didapatkan akan dipakai untuk membeli mesin panggang,  yang saat ini telah berusia 15 tahun lebih.

Peluang Baru Bagi Pelaku Usaha

Endang Koswara hanyalah satu dari sekian banyak masyarakat yang terbantu oleh program kredit Mesra bank bjb. Buktinya, sejak 2018 sampai saat ini tercatat telah ada 11.516 debitur kredit bjb Mesra.

Program ini juga telah meng-cover tiga provinsi di Indonesia, dengan rincian hadir di 11 kota dan 20 kabupaten. Mencakup 1.004 rumah ibadah dengan jumlah komunitas/kelompok mencapai 1.802 kelompok.

Bertambahnya jumlah karya­wan Endang juga menunjukkan program ini mampu mengurangi angka pe­ng­angguran dan kemiskinan di Jawa Barat. Endang yang awalnya memiliki 4 karyawan, saat ini menjadi sembilan karyawan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jawa Barat terus menurun menjadi 8,3 persen. Pada Agustus 2022, TPT me­ngalami penurunan sebesar 1,51 persen dibandingkan Agustus 2021 sebesar 9,82 persen.

Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) merupakan sebuah skema kredit hasil kerja sama antara bank bjb dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap akses permodalan, memudahkan masyarakat mendapatkan pembiayaan mikro, mengurangi angka pengangguran, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi selaras dengan keimanan. Pinjaman ini berlaku bagi seluruh komunitas rumah ibadah semua agama yang diakui di Indonesia, yang disalurkan  ke masyarakat yang ada di sekitaran masjid, gereja, klenteng, pura, dan vihara.

Menurut Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto, kredit bjb Mesra menjadi sebuah program yang bermanfaat dan mampu menjadi sarana peningkatan inklusi keuangan masyarakat. Untuk itu bank bjb berupaya menyebarluaskan dan menyosialisasikan program ini melalui berbagai kegiatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan