Hijaukan Kabupaten Bogor, Ini yang Digencarkan Menteri LHK

BOGOR – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya menyebutkan, aktualisasi penanganan masalah-masalah lingkungan dan kehutanan, ada tiga subjek yang paling penting. Mulai dari subjek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Pertama, kata dia, secara ekonomi harus ada manfaatnya untuk masyarakat, kedua secara sosial juga harus diterima dengan baik oleh masyarakat, dan ketiga adalah environmental sustainability.

“Kita kembangkan di KLHK pemikiran untuk Indonesia adalah hal-hal yang kita kerjakan dan kita bangun bersama masyarakat,” katanya didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) dan jajaran menghadiri kegiatan Bogor Go Green 7 yang diselenggarakan Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University di Kecamatan Nangung, Kabupaten Bogor, Minggu (27/11).

Lebih lanjut, Siti Nurbaya menambahkan, beberapa hal yang perlu di bangun di Kabupaten Bogor  untuk bisa menjadi contoh dalam mengatasi berbagai persoalan yang secara indikatif direkognisi atau dikenali secara internasional.

“Khususnya dalam perspektif hijau atau green, yang telah melembaga dan begitu populer di dunia. Begitu pula kerap digunakan Presiden Jokowi untuk mengajak kita semua masuk pada perspektif ini,” terangnya.

Kegiatan yang berkolaborasi dengan BPDASHL Citarum Ciliwung, Taman Nasional Halimun Salak, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemkab Bogor, Forkopimcam dan Kelompok Tani Hutan Kecamatan ini diisi dengan acara kegiatan penanaman, pendampingan, penggunaan teknologi dalam pemetaan, dan lain sebagainya.

“Di Kabupaten Bogor dengan karakter landscape seperti ini, dengan luas wilayah 200 ribu hektar, dan 69 ribu hektar di Kecamatan Nanggung, bisa menjadi contoh landscape yang bagus. Setelah Kecamatan Rumpin yang juga menjadi contoh melalui pusat persemaian modern,” kata Siti.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Bogor sangat mengapresiasi kegiatan Go Green 7 yang mengkoneksikan multipihak untuk berpartisipasi dalam upaya peningkatan kualitas tutupan lahan di Kecamatan Nanggung melalui fasilitasi perhutanan sosial dan sentra hutan rakyat.

“Bogor Go Green 7 selain melestarikan lingkungan, juga berdampak signifikan pada perekonomian masyarakat khususnya di Kecamatan Nanggung. Saya berharap   ini dapat diperluas ke lokasi-lokasi lain di Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan