BCA Bakal Sulap 10 Desa Wisata Mitra BCA Jadi Destinasi Kelas Dunia: Eksplorasi Kawasan Gunung Padang

Di desa wisata Gunung Padang sudah tersedia homestay dan juga akses toilet umum di beberapa sudut wisata.

Dari 50 finalis tersebut, 10 desa wisata dipercayakan kepada BCA, antara lain Desa Wisata Pecinan Glodok di Jakarta, Desa Wisata Saba Budaya Baduy di Lebak Jawa Barat, Desa Wisata Situs Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat, Desa Wisata Semen di Blitar Jawa Timur, Desa Wisata Pahawang di Lampung, Desa Wisata Dayun di Siak Riau, Desa Wisata Silokek di Sijunjung Sumatera Barat (Desa Wisata Binaan Bakti BCA), Desa Wisata Kampung Warna Warna Tigarihit di Simalungun Sumatera Utara, Desa Wisata Kampung Melayu (Benua Melayu Laut) di Pontianak, dan Desa Wisata Malangga di Toli Toli Sulawesi Tengah.

Hera menegaskan, berbekal pengalaman membesarkan Desa Wisata Bakti BCA, pihaknya akan mencurahkan pendampingan dan pembinaan yang intens kepada 10 Desa Wisata Mitra BCA tersebut.

“Hal ini dilakukan untuk mempercepat terjadinya transformasi yang berkesinambungan dalam mengubah wajah desa-desa tersebut menjadi destinasi bertaraf internasional, dengan tidak meninggalkan citarasa nasional,” tegasnya.

Keanekaragaman budaya, tradisi, dan kekayaan alam yang eksotis, yang dimiliki oleh desa wisata tersebut bakal menjadi surga bagi wisatawan nasional dan mancanegara.

“Kami ingin meletakkan dasar yang kuat bagi 10 Desa Wisata Mitra BCA ini supaya setelah lepas dari ajang ini, dasar-dasar pembinaan dan pendampingan itu dapat digunakan untuk membangun ekonomi daerah setempat secara berkelanjutan demi mata rantai ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat berbasis pariwisata,” harap Hera.

ADWI Desa Wisata Pahawang Padang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama dengan Kepala Kantor Wilayah I BCA Cianjur Weminto Suryadi (berbatik biru) melakukan kunjungan ke Situs Gunung Padang, Padang pada beberapa waktu lalu.

Desa Wisata di Situs Gunung Padang merupakan Desa Mitra Bakti BCA yang turut menjadi bagian dari program ADWI 2022. Desa Wisata Situs Gunung Padang merupakan kepulauan yang berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Topografi dari desa ini adalah kepulauan dengan bentang luas wilayah sekitar 5.000 HA HA. Kawasan ini terkenal berkat keindahan kawasan pegunungan Padang yang menawarkan wisata seperti camping ground, situs Gunung Padang dan kawasan perkebunan teh hijau. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan