2.000 Calon ASN Jabar Ikuti Try Out Seleksi

Editor:

BANDUNG – Sebanyak 2.000 calon Aparatur Negara Sipil Jawa Barat atau ASN Jabar mendapatkan falisitas dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar untuk mengiktui latihan atau try out mengerjakan soal-soal seleksi, Rabu 23 November 2022. Try Out Calon ASN (CASN) Juara

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian BKD Jabar, Hermin Wijaya mengatakan, pelaksanaan try out Calon ASN (CASN) Juara itu bisa dilakulan secara online. Simulasinya diklaim berupa tipe seleksi yang nyaris serupa dengan tes dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) nantinya.

“Meski soal-soal ini belum tentu 100 persen sama dengan seleksi ASN asli, karena soal di sini versi kita di Jawa Barat, tapi kalau soal sebetulnya nanti ada di BKN,” kata Hermin saat ditemui Jabar Ekspres, di SMKN 3 Bandung, Rabu 23 November 2022.

Diketahui, selain masyarakat bisa melakukan latihan seleksi ASN Jabar secara online dengan gratis, try out CASN juga dilaksanakan secara offline yang difasilitasi oleh BKD. Hermin menyampaikan, masyarakat sudah bisa mengakses try out tersebut melalui aplikasi yang sudah disediakan. “Kalau yang latihan bisa masing-masing kapanpun, tapi untuk tipe try out itu terjadwal oleh kita,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan try out kata Hermin, pertamanya diselenggarakan di SMKN 3 Bandung. Adapun jumlah kuota sebanyak 2.000 peserta, dengan tipe seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Pelaksanaan kita ada dua gelombang, untuk tipe PPPK tahun 2022 ini ada nakes, guru dan tenaga teknis lainnya di luar nakes dan guru. Pada pelaksanaan hari ini, kita fasilitasi khusus untuk nakes. Untuk guru tidak kita fasilitasi karena memang guru sudah tidak ada lagi seleksi,” ungkapnya.

 

Jenis Soal Try Out Calon ASN Jabar Disesuaikan dengan Posisi Jabatan

 

Lebih jauh Hermin menerangkan, try out seleksi untuk posisi guru tidak difasilitasi saat ini. Hal tersebut kata dia,  seleksi tersebut sudah dilakukan pada 2019 lalu, dan untuk saat ini tinggal menunggu penempatan saja. “Kalau untuk nakes dilakukan try out selama lima hari dan tenaga teknis lainnya di awal Desember 2022 depan,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *