Presiden Jokowi Kunjungi Korban Gempa Cianjur, Ini Janjinya!

BOGOR – Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengunjungi lokasi longsor akibat gempa bumi Cianjur tepatnya di Jalan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Selasa 22 November 2022.

Dalam kunjungan Presiden Jokowi memastikan korban gempa mendapat penanganan yang memadai. Ia pun juga ikut bela sungkawa atas terjadinya gempa bumi 6,5 SR yang terjadi di wilayah Cianjur, Jawa Barat.

“Saya ingin menyampaikan duka cita yang mendalam atas terjadinya musibah di Kabupaten Cianjur. Kemarin (Senin, red) saya perintahkan langsung kepada PMK, BNPB, Basarnas, TNI, Polri, dan Kemenpupr ikut sama-sama mengerahkan jajarannya untuk membantu bencana gempa bumi,” kata Presiden Joko Widodo kepada media.

Saat meninjau jalan yang tertibun longsor, Joko Widodo meminta agar akses jalan secepatnya dibuka. “Ini akses utama masyarakat, saya perintahkan segera untuk dibuka kembali,” tambahnya.

Dirinya pun akan memberikan bantuan untuk rumah warga yang terdampak akibat gempa tersebut.

“Nantinya yang rusak berat, ringan dan sedang, saya perintahkan berikan bantuan. Yang rusak berat agar diberikan batuan Rp 50 juta, sedang Rp 15 juta, dan ringan Rp 10 juta,” lanjutnya.

Namun, kata Presiden Jokowi yang lebih penting nantinya  pembangunan rumah-rumah yang di tempat ini, diwajibkan untuk menggunakan standar bangunan yang oleh menteri PUPR.

Dan untuk korban yang masih tertimbun presiden berharap agar segara dapat ditemukan dan dievakuasi.

“Mudahan-mudahan segera ditemukan yang masih dalam pencarian, sama sama saling mendoakan untuk para korban,” tungkasnya.

Setalah melakukan kunjungan ke tempat longsor, presiden bersama jajaran melanjutkan perjalanan menuju Rumah Sakit Sayang, Kabupaten Cianjur. (sfr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan