Kolaborasi Danone Indonesia dan Muhammadiyah Dorong Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan

“Kolaborasi dengan PP Muhammadiyah menjadi salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan untuk memperluas jangkauan edukasi kesehatan dan lingkungan. Kesempatan ini juga menjadi momen yang tepat bagi Danone Indonesia dan PP Muhammadiyah untuk menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan demi kebersihan diri dan lingkungan,” papar Arif.

Pihaknya menjadi salah satu pendukung acara Muktamar Fair dengan melakukan edukasi nutrisi, kesehatan dan lingkungan kepada pengunjung dan kader Muhammadiyah serta menyediakan hingga 50 drop box di titik-titik lokasi pelaksanaan Muktamar Fair.

“Langkah tersebut diharapkan dapat meminimalisir sampah dan sekaligus menjadi langkah penerapan ekonomi sirkular, dimana sampah plastik yang terkumpul akan kembali didaur ulang dalam ekosistem pengelolaan sampah Danone Indonesia untuk menjadi bahan baku kemasan botol baru ataupun barang lain yang memiliki nilai ekonomi,” ujarnya.

Sebelumnya, Danone Indonesia juga telah berkolaborasi bersama MPKU PP Muhammadiyah dan merancang program bersama dalam peningkatan edukasi kesehatan masyarakat dalam upaya peningkatan kesadaran tentang stunting dan gizi seimbang hingga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), peningkatan akses air bersih dan sanitasi di sekolah dan pesantren Muhammadiyah, pengembangan produk dan kredit mikro untuk sektor air dan sanitasi bersama Lembaga Keuangan (LK) Muhammadiyah, peningkatan kapasitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis produk sehat melalui edukasi, inkubasi bisnis dan akses pelayanan bisnis, serta edukasi pengelolaan sampah dan proses pengelolaan dan pengumpulan sampah di lingkungan Muhammadiyah.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah, Dr. H. Mohammad Agus Samsudin MM. mengatakan, kolaborasi industri dengan organisasi masyarakat seperti PP Muhammadiyah merupakan langkah positif bagi kebaikan ummat.

“Sistem ini ke depannya memiliki potensi untuk dikembangkan, melalui kolaborasi dengan industri seperti dengan Danone Indonesia. Hal itu sejalan dengan sistem social business yang diterapkan, dimana manfaatnya dikembalikan ke masyarakat,” kata Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan, PP Muhammadiyah dan Danone Indonesia memiliki visi yang sama dalam mengedukasi dan menyadarkan masyarakat mengenai betapa pentingnya peningkatan kualitas lingkungan dan kesehatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan