Gempa Cianjur Ditinjau Langsung Ridwan Kamil

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meninjau langsung ke lokasi terjadinya gempa Cianjur. Emil pun akrab disapa, mengaku prihatin dengan kejadian gemba yang sudah memakan puluhan korban jiwa.

Gempa yang terjadi pukul 13.21 WIB, Senin 21 November 2022 siang dengan kekuatan 5.6 Sekala Richter (SR) itu, telah memporak-porandakan sejumlah bangunan. Korban meninggal pun juga berjatuhan.

“Saya turut prihatin mudah-mudahan tidak banyak korban baik harta mapun jiwa. Kita terus waspada biasanya gempa ini susul menyusul,” ucapnya kepada wartawan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin 21 November 2022.

Sementara itu, Emil saat sedang berada di Gedung Pakuan tidak sama sekali merasakan adanya gempa tersebut dengan kekuatan 5,6 SR tersebut. Gempa telah memprok-porandakan sejumlam bangunan baik permukiman maupun perkantoran di lokasi kejadian.

“Enggak kerasa di Pakuan (Rumah Dinas Gubernur Jabar). Tapi dua hari lalu terjadi di Tasikmalaya, saya juga ikut merasakan. Berikutnya harus diantisipasi. Biasanya hitungan hari ada tambahan siaga satu karena musim bencana di akhri tahun selalu mengiringi,” kata Emil.

Emil pun mengimbau masyarakat khususnya di lokasi gempa jika terjadi gempa susulan untuk segera mencari tempat yang aman. Emil juga meminta semua pihak untuk saling membantu dan menolong para korban.

“Sudah ada SOP-nya. Ambil posisi aman, sudah dilatih kalau sudah merasa (gempa) lari ke lapangan terbuka di segerakan. Dan kalau pada saat terjadi gempa cari tempat aman,” harapnya.

Gempa Cianjur dengan Kekuatan 5,6 Skala Richter 

 

Diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG melaporkan pada Pukul 13.21 WIB, telah terjadi gempa bumi di wilayah Kabupaten Cianjur dengan kekuatan 5,6 Skala Richter (SR).

Guncangan gempa Cianjur dengan kekuatan cukup besar tersebut, dirasakan juga dibeberapa daerah di Jawa Barat bahkan hingga Jakarta.

Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu membenarkan kejadian gempa Cianjur. Bahkan Teguh mengungkapkan, berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Cianjur, dampak dari gempa bumi tersebut telah mengakibatkan adanya beberapa titik bangunan yang mengalami kerusakan.

“Betul telah terjadi gempa dan di Cianjur (Kabupaten), juga ada beberapa lokasi yang mengalami kerusakan. Tapi mohon sebentar untuk ditunggu rilisnya,” katanya saat dikonfirmasi oleh Jabar Ekspres, Senin 21 November 2022. (san)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan