Usai Raih Prestasi di Porprov Jabar XIV, Tim Panjat Tebing Putra Kabupaten Bogor Targetkan Ikut PON

KAB BANDUNG – Setelah banyak meraih medali di Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Porprov Jabar) ke XIV, Tim Panjat Tebing Putra Kabupaten Bogor targetkan prestasi di kanca nasional.

Diketahui, pada ajang olahraga empat tahunan tersebut, Tim Panjat Tebing Putra Kabupaten Bogor yang terdiri dari Ammar Sabik, Aziz Widayat dan Daffa Nauval Raditya Tagolan telah berhasil mendapatkan medali perak hingga emas.

“Kategori yang kita menangkan itu di Speed Classic Putra Tim (perak) dan Relai Word Record (emas),” kata Ammar kepada Jabar Ekspres belum lama ini.

Dia mengaku, yang menjadi tantangan dalam mengikuti kompetisi melawan atlet dari kabupaten/kota lain yakni mental dan emosi, sebab mempengaruhi preforma memanjat.

“Jadi kalau untuk di tantangannya sebetulnya lebih ke arah pribadi, ada emosinya juga kemarin,” ucap Ammar.

“Mental dan stamina juga harus diperhatikan biar kita bisa tetep fokus dan stabil manjatnya,” tambahnya.

Ammar menjelaskan, sebagai Atlet Panjat Tebing Kabupaten Bogor, di Porprov Jabar ke XIV ini diterjunkan mengikuti kategori Speed WR Perorangan, Speed Classic Perorangan, Speed Classic Tim dan Speed Relai Word Record.

Rekan timnya, Aziz Widayat diketahui turut berjuang mewakili daerahnya dengan bertanding pada kategori Boulder Tim Putra, Speed Classic Tim Putra, Speed Relai Putra sama Combain Perorangan Putra.

Sementara Daffa, salah satu atlet pentolan Kabupaten Bogor dengan kecepatan memanjatnya itu, ikut di kategori Speed WR Perorangan, Speed Classic Tim, Speed WR Tim sama Boulder Tim.

“Ini beda konsep sebetulnya antara yang Word Record sama Speed Classic Tim itu beda,” imbuh Ammar.

“Kalau yang speed classic itu head to head, sedangkan yang relai ini bisa dibilang estafet, jadi bersambung,” lanjutnya.

Ammar menerangkan, untuk kategori Speed Classic Tim, sistem penilaian agar bisa menduduki posisi juara dilihat dari poin kecepatan memanjat setiap peserta yang tergabung dalam tim.

“Speed classic tim ini pakai sistemnya poin, misalkan kita bertiga ini best of three, yang dapat dua poin duluan yang menang,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan