Bunda Wajib Tahu, Ciri Anak Kecanduan Bermain Hanphone, dan Cara Mengatasinya

Jabarekspres.comHanphone sering dijadikan alat si Bunda untuk anak betah di rumah. Akan tetapi, jika sering dilakukan akan menyebabkan si Anak kecandungan.

Meski di Anak betah di rumah, tapi tentu saja setiap harinya hampir tidak dapat lepas dari yang namanya handphone. Sebab, merasa mendapatkan kesenangan dan kenikmatan.

Kecanduan hanphone pada anak tidak boleh dianggap enteng! Pasalnya, kebiasaan main hanphone terus-terusan akan berdampak buruk pada kesehatan anak dalam jangka panjang.

Mengenal Karakter Anak Kecanduan Bermain Hanphone

Mengutip buku berjudul Raising Children In Digital Era karya psikolog Elizabeth Santosa, beberapa karakteristik yang bisa diketahui ketika anak kecanduan bermain hanphone.

1. Perilaku tak terkontrol

Tak banyak si Anak tidak menggubris saat dipanggil ketika sedang bermain hanphone. Ketika diambil maka akan membuat emosinya tidak terkontrol, lantanan sudah kecanduan.

2. Menelantarkan teman dan keluarga

Ketika sudah kecanduan, maka si Anak akan malas untuk bermain dengan teman atau keluarga. Dia lebih tertarik untuk bermain dengan hanphone nya.

3. Bermain hanphone sampai larut malam

Saat si Bunda mendapati anak masih terjaga saat tengah malam dan memainkan hanphone sampai tidur, maka sudah kecanduan. Dan kerika bangun pun akan langsung mencari hanphone.

4. Menunjukkan sikap tak biasa

Anak yang kecanduan gadget akan menunjukkan sikap bersalah, rasa malu, dan cemas ataupun depresi sebagai akibat dari perilaku adiksinya.

5. Perubahan fisik

Ada beberapa perubahan fisik yang biasanya dialami anak yang kecanduan gadget dengan segala fungsinya.

Berat badannya akan turun drastis dalam waktu beberapa bulan, anak jarang bergerak dan makan tidak tepat waktu.

Ketika si Anak sudah kecanduan bermain Hanphone, lantas bagaimana cara mengatasinya?

Dilansir dari hellosehat.com, peran orangtua penting untuk menjaga agar penggunaan gadget pada anak tidak berlebihan dan seimbang agar tidak menyebabkan kecanduan gadget pada anak.

Tips Menghentikan Anak Kecanduan Hanphone

1. Jadi Contoh yang Baik

Jika orangtua bermain gadget saat mengasuh anak, maka anak pasti akan mengikuti kebiasaan buruk Anda dalam menggunakan gadget.

Maka jika ingin mengurangi waktu bermain gadget, si Bunda sendiri juga harus mampu mengatur waktu untuk menggunakan gadget secara bijak

Tinggalkan Balasan