Elon Musk Ungkap Pekerjaan yang Bakal Diminati di Masa Depan, Begini Penjelasannya

Jabarekspres.com – Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, dan CEO Tesla Motors, Elon Musk, berdialog dengan 400 mahasiswa se-Indonesia.

Dialog itu dikemas dalam acara “Intergenerational Dialogue for Our Emerging Future”. Elon Musk hadir langsung dalam acara ini secara virtual, Senin 14 November 2022.

Menteri Nadiem menjadi moderator sesi dialog Elon Musk dengan mahasiswa se-Indonesia.

Mendikbudristek bertanya kepada Elon: adakah kejadian-kejadian dalam hidupnya saat muda yang menjadikannya seperti sekarang ini.

Dengan santai Elon menanggapi pertanyaan dari Menteri Nadiem.

Elon mengaku, bahwa dirinya banyak membaca dan nonton fiksi ilmiah.

“Kebiasaan itu banyak berdampak pada saya untuk mencari kebenaran dalam banyak hal. Dari situ saya menemui bahwa fisika sangat membantu dalam segala hal,” kata dia .

Menteri Nadiem kembali melontarkan pertanyaan, kali ini soal pandangan Elon tentang pendidikan di masa depan dan apa yang sebenarnya harus diajarkan kepada generasi muda kita.

Elon langsung menjawab. Menurutnya, pendidikan yang diajarkan kepada generasi muda harus relavan.

“Kita harus tahu apa yang relevan. Ketika mau menyelesaikan masalah, kita harus thau apa alat yang harus kita gunakan untuk menyelesaikan masalah dan memahami bagaimana menentukan alat yang membantu proses penyelesaian masalah itu. Pendidikan di masa depan pun harus seperti itu,” jawab Elon.

“Apa yang perlu diajarkan adalah kemampuan berpikir kritis. Harus berani menolak konsep yang tidak baik,” lanjutnya.

Mendengar jawaban Elon, Mendikbudristek langsung menanggapi. Bahwa Kemendikbudristek telah mengganti tes berbasis mata pelajaran (Ujian Nasional) dengan tes berbasis kompetensi literasi, numerasi, karakter, dan lingkungan sekolah (Asesmen Nasional).

“Ini salah satunya agar anak-anak kita dapat berpikir kritis,” Elon pun mengangguk sepakat.

Soal nasihat karir bagi mahasiswa yang menghadiri kegiatan ini, Elon Musk berbagi ide pekerjaan-pekerjaan masa depan yang akan banyak diminati.

“Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) dan energi berkelanjutan,” jawab Elon.

Praisela Symons mahasiswa dari provinsi Sulawesi Utara yang sedang berkuliah di Universitas Negeri Malang bertanya kepada Elon Musk tentang kesalahan atau masalah terbesar dari hidup seorang Elon dan bagaimana dia mengatasinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan