Renovasi Kantor Bappelitbang Kota Bandung Tunggu Hasil Lidik Polisi

BANDUNG – Kebakaran Kantor Badan Perencanaan,  Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung membuat Pemkot Bandung harus melakukan renovasi kantor.

Perbaikan atau renovasi kantor Bappelitbang Kota Bandung yang hangus terbakar pada Senin, 7 November 2022 bakal dilakukan seusai ada hasil penyelidikan polisi.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat mengunjungi kantor Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, pada Rabu, 9 November 2022 pagi tadi.

Menurutnya, apabila penyelidikan dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Markas Besar Kepolisian RI atau Maber Polri selesai dilakukan, Pemkot Bandung baru bisa menaksir jumlah kerugian dan rencana renovasi. “Karena masih di-police line,” ungkap Yana.

Renovasi Kantor Libatkan Dinas Ciptabimtar Bandung

 

Melibatkan Dinas Cipta Karya, Bina Kontruksi, dan Tata Ruang (Ciptabimtar) Kota Bandung, Yana menjelaskan, uji kelayakan dan penghitungan kerugian bakal segera dilakukan.

“Nanti menghitung lagi kelayakan kontruksi yang ada sekarang. Entah itu lantainya atau atapnya, baru nanti bisa dihitung untuk pembangunan kembali,” jelasnya.

Alhasil, kata Yana, total kerugian dari terbakarnya kantor Bappelitbang Kota Bandung, hingga saat ini masih belum bisa ditaksir angka nominalnya.

Adapun terkait lokasi sementara Bappelitbang untuk melayani, masih mempertimbangkan sejumlah tempat. Di antaranya gedung bekas eks Ketua DPRD Kota Bandung di Tamansari.

Kendati demikian, dirinya memastikan, pelayanan Bappelitbang untuk saat ini masih berjalan seperti biasa. Tidak terkendala. Lalu menyoal tawaran Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, Yana menyambut baik rencana tersebut.

“Saya minta untuk ditindaklanjuti dengan asisten provinsi. Mendata aset mana saja yang kemungkinan bisa kita gunakan sementara,” pungkasnya.

Selain itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengapresiasi para petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Rabu 9 November 2022.

Apresiasi ini merupakan respons positif atas kinerja Diskar PB Kota Bandung, khususnya dalam beberapa waktu ke belakang.

Apresiasi itu disampaikan langsung Yana kepada para petugas di markas Diskar PB Kota Bandung Jalan Sukabumi. Kunjungannya ke Kantor Diskar PB hari ini disebut semi-dadakan.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada kinerja teman-teman Diskar PB yang sangat luar biasa,” ujar Yana. (zar/tur)

Tinggalkan Balasan