23 Link Twibbon Hari Pahlawan 10 November 2022, Lengkap dengan Sejarah dan Cara Pasangnya

JABAREKSPRES.COM – Hari Pahlawan diperingati bangsa Indonesia setiap 10 November. Untuk memperingatinya kita bisa memasang twibbon di sosial media. Berikut 23 link Twibbon peringatan hari pahlawan 10 November 2022 yang lengkap dengan cara pasangnya hanya di artikel ini.

Sejarah kenapa tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan karena diawali dengan terjadinya pertempuran besar dalam sejarah revolusi nasional di Indonesia yang terjadi di Surabaya.

Sejarah ini berdasarkan Pedoman Hari Pahlawan 2021 yang diterbitkan Kementerian Sosial RI. Sekaligus sebagai dasar penetapan Hari Pahlawan pada 10 November 1945.

Dalam buku Pertempuran Surabaya karya Nugroho Susanto, dijelaskan, Pertempuran Surabaya bermula dari kedatangan tentara Sekutu di Tanjung Perak pada 25 Oktober 1945.

Tentara Sekutu tergabung dalam Allied Forces Netherland East Indies (AFNEI) yang dipimpin oleh Jenderal AWS Mallaby.

Tujuan utama dari kedatangan tentara Sekutu adalah melucuti senjata para tentara Jepang yang kalah dalam Perang Dunia II. Tentara Sekutu juga ditugaskan untuk membebaskan tawanan perang yang ditahan di penjara Kalisosok Surabaya.

Gubernur Suryo, Pelopor Pertempuran 10 November 1945 yang Dibunuh PKI 1948
Pada 30 Oktober 1945 terjadi baku tembak antara rakyat Surabaya dan tentara Sekutu. Akibatnya, Jenderal AWS Mallaby tewas di sekitar Jembatan Merah.

Kematian Jenderal AWS Mallaby membuat bangsa Inggris mengamuk. Jenderal Eric Carden Robert Mansergh yang menggantikan posisi Mallaby, mengeluarkan ultimatum untuk meminta pihak Indonesia menyerahkan senjata.

Dalam menanggapi ultimatum tersebut, Presiden Soekarno menyerahkan sepenuhnya keputusan ke tangan pemerintah Jawa Timur. Gubernur Suryo dengan tegas berpidato di RRI bahwa rakyat Surabaya akan melawan ultimatum Inggris sampai darah penghabisan.

Sehingga terjadi pertempuran selama 3 pekan, di mana puncaknya terjadi pada 10 November 1945. Dalam sejumlah catatan, ada 160 ribu tentara Sekutu dan 20 ribu rakyat Surabaya yang gugur dalam pertempuran tersebut.

Demikian sejarah kenapa tanggal 10 November dijadikan hari pahlawan di Indoneisa, karena ratusan ribu tentara Indonesia dan puluhan ribu rakyat Indonesia telah gugur di medan pertempuran demi memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia

Karenanya kita patut mengapresiasinya dan menunjukkan kebanggaan kita kepada para pahlawan yang telah gugur. Salah satunya dengan memasang twibbon hari pahlawan di sosial media kita.

Berikut Link download Twibbon hari Pahlawan 2022 yang bisa kamu pilih dengan leluasa.

1. https://www.twibbonize.com/sanclarpahlawannasional

2. https://www.twibbonize.com/kemendespdttharipahlawan

3. https://www.twibbonize.com/win-haripahlawan

4. https://www.twibbonize.com/barantanri-haripahlawan2022

5. https://www.twibbonize.com/agungharipahlawan

6. https://www.twibbonize.com/1945haripahlawan10nopember2022


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *