Atasi Polusi Udara, Pemdes Gunung Putri Tanam Ratusan Bibit Pohon dalam Ban Bekas

BOGOR – Pemerintah Desa (Pemdes) Gunung Putri menanam ratusan bibit pohon pucuk merah untuk meminimalisir gumpalan debu yang menyelimuti kawasan ruas Jalan Raya Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Kepala Desa Gunung Putri Daman Huri mengatakan, sebanyak 360 bibit pohon yang berasal dari bantuan polres Bogor dan Pemdes Gunung Putri sudah ditanam dalam pot yang terbuat dari ban bekas. Tanaman tersebut dipajang di sepanjang jalan.

“Kami dapat bantuan juga dari Polres Bogor itu sekitar 200 bibit pohon dan kami pemdes punya 160 bibit, jadi totalnya sudah 360 bibit kita tanam,” ujar Daman, Rabu 2 November 2022.

Dirinya mengungkapkan, tujuan dari ditanamnya bibit pohon itu, tidak hanya untuk meminimalisir polusi saja, tetapi juga sebagai pencegah agar tidak adanya parkir liar dibahu jalan yang dilakukan oleh supir truk.

“Polusi udara yang kurang baik ini, tentunya menjadi PR kami. Kawasan di sini menjadi kawasan ruang terbuka hijau (RTH) tanpa adanya parkir liar yang sering dilakukan para supir truk,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Daman Huri menargetkan sebanyak 600 bibit pohon pucuk merah untuk nantinya ditanam di jalan raya jalur utara dan selatan, Kecamatan Gunung Putri.

“Baru 360 bibit pohon yang kita tanam, masih kurang 200 bibit pohon lagi, harapan kami semoga ada yang memberikan bibit pohon baik dari donatur maupun yang lainnya, karena masih ada sekitar 5 kilometer lagi yang belum kita tanami,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan