Perbandingan Pahala Mengaji Alquran Pakai HP dan Pakai Mushaf

JABAREKSPRES.COM – Diera yang serba digital, kini banyak hal bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya mengaji. Namun bagaimana hukumnya mengaji Alquran pakai HP, apakah pahalanya sama dngan mengaji pakai mushaf.

Jika dulu mengaji harus menenteng Mushaf kemana-mana, kini ada langkah praktis mengaji menggunakan HP.

Bahkan ada kelebihannya, yakni bila membaca menggunakan Mushaf harus wudhu terlebih dahulu, maka dengan membaca Alquran melalui HP bisa dilakukan kapanpun.

Berikut penjelasan mengenai hukum mengaji menggunakan HP, seperti yang pernah di utarakan almarhum Syeh Ali Jaber dalam sebuah ceramahnya.

Alquran merupakan pedoman bagi manusia untuk hidup di muka bumi. Sebagai Kitabullah, membaca quran tentu saja memiliki bayak keutamaan.

Bukan hanya yang membacanya, bahkan yang hanya mendengarkan pun akan mendapatkan kebaikan.

Selain itu, membaca quran meski masih terbata-bata juga sudah mendapatkan pahala, apalagi yang sudah mahir dan menghafalnya.

Dalam Surat Fathir ayat 29-30 ada penjelasan mengenai membaca quran.

اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَ قَا مُوا الصَّلٰوةَ وَاَ نْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَا نِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَا رَةً لَّنْ تَبُوْرَ

innallaziina yatluuna kitaaballohi wa aqoomush-sholaata wa angfaquu mimmaa rozaqnaahum sirrow wa ‘alaaniyatay yarjuuna tijaarotal lang tabuur

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur’an) dan melaksanakan sholat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi,”
(QS. Fatir 35: Ayat 29)

لِيُوَفِّيَهُمْ اُجُوْرَهُمْ وَيَزِيْدَهُمْ مِّنْ فَضْلِهٖ ۗ اِنَّهٗ غَفُوْرٌ شَكُوْرٌ
liyuwaffiyahum ujuurohum wa yaziidahum ming fadhlih, innahuu ghofuurung syakuur

“agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukuri.”
(QS. Fatir 35: Ayat 30)

Dengan membaca Al quran, satu hurufnya diganjar dengan 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.

Setiap kali bertambah kuantitas bacaan, bertambah pula ganjaran pahala dari Allah.

Keutamaan lain membaca Alquran adalah akan mendatangkan syafaat.

Tidak harus menunggu waktu luang untuk membaca Alquran.

Melainkan meluangkan waktu untuk mengamalkan Alquran yang pahalanya berlipat-lipat ganda.

Sepanjang usia diisi dengan membaca Alquran agar terus mengalir kebaikan baik di dunia maupun di akhirat.

“Jangan lewat satu hari tidak baca Qur’an, tidak bisa baca masih bisa simak, dengar, setelkan murottal dari HP mu, manfaatkan kondisi macet, manfaatkan lagi naek motor tarok handsfree di telinga dengerin ayat suci Alquran, ruginya apa?,” jelas Syekh Ali Jaber.

Tinggalkan Balasan