Lulusan Unigal Harus Berkontribusi Nyata pada Masyarakat dan Terus Berkarya

Jabarekspres.com  – Berbekal ilmu pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki, lulusan Universitas Galuh (Unigal) harus dapat terus berkarya dan memberikan manfaat serta berkontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Hal tersebut dikatakan Rektor Universitas Galuh Ciamis, Dr Dadi M,Si saat memberi sambutan dalam pelaksanaan wisuda di Aula Auditorium Unigal, Senin (31/10).

Dedi mengatakan, Unigal sebagai universitas berkarakter, berharap para lulusannya dapat menjaga nilai-nilai luhur Kagaluhan dalam setiap langkah kehidupan di masyarakat. Terlebih, sebagai Culture and Conservation University, Unigal telah menanamkan spirit kagaluhan dalam menjalankan program pendidikan.

”Program itu kita implementasikan melalui budaya dan suasana akademik, serta fokus terhadap isu-isu global terkait lingkungan hidup yang sedang berkembang saat ini,” katanya.

Menurutnya, Unigal juga telah melaksanakan berbagai Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Baik yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek maupun yang secara internal oleh Universitas.

”Spirit ini sebagai komitmen Unigal untuk mengimplementasikan kebijakan dari mendikbudristek dalam rangka akselerasi pengembangan kurikulum yang adapatif, inovatif dan kolaboratif bekerja sama dengan mitra menuju Centre of Excellence,” ujarnya.

Dia mengaku, pencapaian saat ini adalah bukti kerja keras dan dedikasi yang tidak lepas dari motivasi, doa, dan dukungan dari banyak pihak yang terlibat. Khususnya dari para orang tua, wali, keluarga dan orang-orang tercinta. Dalam konteks ini, Universitas Galuh terus berupaya mengembangkan keunggulan, berinovasi, dan bekerjasama dengan berbagai pihak, baik institusi dalam negeri maupun luar negeri.

”Hasilnya dapat kita buktikan dengan dipertahankannya peringkat akreditasi B Unigal,” ucapnya.

Selain itu, kata Dadi, Unigal juga mendapat peningkatan prestasi pada bidang akaedmik dan non-akademik yang diraih oleh para dosen dan mahasiswa di setiap tahunnya. Pada bidang akademik, jumlah dosen dengan jabatan fungsional Lektor Kepala telah mengalami peningkatan.

”Pada tahu ini juga ada dosen yang berhasil memperoleh jabatan fungsional guru besar,” paparnya.

Tak sampai di situ, kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat antara dosen dan mahasiswa pun terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dimana karya-karya hasil penelitiannya telah berhasil dipublikasikan pada berbagai jurnal nasional dan internasional bereputasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan