Doa Saat Mendapat Penghinaan Orang Lain, Begini Cara Menyikapinya

Berikut doa yang sebaiknya dibacakan saat kita mengalami penghinaan, dengan doa ini, akan bisa membuatmu lebih tenang dan berisi permohonan agar mereka yang berbuat buruk diampuni dosanya oleh Allah SWT.

Berikut adalah bacaan doa saat dihina orang lain.
اللهم اغفر لقومي، فإنهم لا يعلمون

Allahummaghfir li qaumi fa innahum la ya’lamun.

Artinya: “ Ya Allah ampunilah kaumku, (mereka berbuat demikian) karena mereka tidak mengetahui.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Setelah mengetahui doany, maka langkah berikutnya untuk mengatasi amarah saat mendapat penghinan adalah sebagai berikut.

Cara yang pertama adalah dengan menghindari amarah. Nah, tidak sedikit orang yang ketika dihina akan membuat dirinya marah karena merasa tidak terima sudah direndahkan. Tetapi, untuk menghadapinya secara bijak, maka tinggalkanlah amarah tersebut.

Amarah inilah yang bisa membuat orang yang meremehkan kamu merasa menang. Tak hanya itu saja, amarah juga bisa memancing hadirnya konflik yang lain dan membuat sahabat Dream tidak bisa berpikir secara jernih. Jadi, ketika dihina cobalah untuk mengendalikan diri dan menahan amarah itu agar tidak meluap.

Menjaga Jarak

Cara yang kedua untuk menyikapi hinaan orang lain adalah dengan menjaga jarak. Cara ini bukan berarti kamu menerima begitu saja hinaan tersebut, tetapi tujuannya adalah agar bisa terhindar dari konflik yang lebih serius dan menjauhkan dirimu dari lingkaran yang toxic. Dengan menjaga jarak, tentunya ini juga akan lebih baik untuk mental kamu karena tidak memedulikan komentar-komentar negatif yang dilontarkan oleh orang tersebut.

Tinggalkan Balasan