Rektor Mukti Ali Pastikan Mahasiswa Lulusan Inaba Mudah Terserap Kerja

BANDUNG – Sebanyak 604 mahasiswa Universitas Indonesia Membangun (Inaba) mengikuti prosesi wisuda tahun 2022, Sabtu (29/10).

Jumlah wisudawan mahasiswa Inaba ini mengalami peningkatan dari tahun-tahun ke tahun.

Rektor Inaba, Dr. Mochammad Mukti Ali mengatakan, setidaknya ada sekira tambahan 200 mahasiawa Inaba yang diwisuda tahun ini. Jumlah tersebut dari 400 mahasiswa peserta wisuda pada tahun 2021 lalu, menjadi 604 di tahun 2022 ini.

Mukti Ali pun berharap, Inaba mampu menjadi kampus terbaik dalam mencetak mahasiswa berprestasi, baik akademik maupun non akademik. Terlebih, pihaknya telah mencanangkan Inaba sebagai entrepreneur university.

“Kami harap wisudawan Inaba bisa berkontribusi terhadap bangsa dan masyarakat, ilmu yang didapat bisa diimplementasikan. Makanya kita ingin menjadi entrepreneur university ke depannya,” kata Mukti Ali usai acara Wisuda Mahasiswa Universitas Inaba 2022, di Harris Hotel, Kota Bandung, Sabtu (29/10).

Inaba diketahui terus berkolaborasi dan bekerja sama dengan dunia industri. Upaya tersebut dilakukan untuk memastikan mahasiswa lulusan Inaba mudah terserap dunia kerja.

Selain itu, Inaba juga mewajibkan mahasiswanya memiliki sertifikat kompetensi yang inline dengan dunia kerja. Bahkan dengan adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa Inaba diwajibkan magang selama 2 semester.

“Kami menjembatani dan memfasilitasi hal tersebut sehingga mahasiswa kita di bawah enam bulan sudah harus bekerja,” turu Mukti Ali melanjutkan.

Mukti Ali mengungkapkan, sejauh ini lulusan Inaba bukan hanya menjadi pekerja di sektor industri. Pasalnya, tidak sedikit juga lulusan Inaba yang bekerja di pemerintahan. “Kita di pemerintahan ada, tapi di industri juga banyak,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Perwakilan Pimpinan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV, Agus Gumilar menambahkan, selamat kepada para lulusan Inaba. Ia berharap Inaba bisa terus meningkatkan kompetensi mahasiswanya.

“Sehingga bisa mengikuti kebijakan pemerintah seperti Kampus Merdeka untuk kegiatan pembelajarannya dan kami mengucapkan rasa bahagia dengan prestasi yang sudah diupayakan oleh Inaba,” singkar Agus. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan