Daftar Obat  Berbahaya untuk Ginjal, Hindari Konsumsi Tanpa Resep Dokter

JABAREKSPRES.COM – Sejak marak penyakit gagal ginjal akut  publik kini menjadi lebih serius memperhatikan kesehatan ginjalnya. Berbagai informasi mengenai obat yang tidak direkomendasikan untuk ginjal makin diburu. Dalam artikel ini akan diuraikan daftar obat yang berbahaya untuk kesehatan ginjal.

Daftar obat yang berbahaya untuk ginjal ini sangat tidak direkomendasikan bila dikonsumsi sembrangan tanpa resep dari dokter.

Beberapa jenis obat yang termasuk dalam daftar obat berbahaya untuk kesehatan jantung ini ternyata sangat mudah ditemukan di lingkungan masyarakat karena dijual secara bebas diwarung-warung dan toko.

Yang dikhawatirkan adalah untuk konsumsi obat secara janngka panjang, karena sangat berpotensi membuat kerusakan dalam organ vital manusia seperti ginjal, apalagi tanpa konsultasi dengan dokter.

Karenanya beberapa jenis obat ini patut untuk mulai dihindari, dan bisa menggantikannya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan tidak selalu harus meminum obat  kimia setiap kali terjadi keluhan kesehatan.

Karena bisa jadi keluhan yang terjadi hanya sebagai sinyal tubuh butuh istirahat, butuh oksigen atau pun cairan. Sehingga tubuh tidak selalu membutuhkan obat untuk mengatasi masalahnya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Sub Spesialis Hematologi Onkologi Medik, Prof Zubairi Djoerban menjelaskan, bahwa beberapa daftar obat memang berpotensi merusak ginjal.

Apalagi bila diminum tanpa resep dokter dan dilakukan dalam jangka panjang. Karena itu, masyarakat juga harus memperhatikan betul.

Daftar obat seperti ibuprofen, aspirin hingga pereda nyeri juga bisa merusak ginjal bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

“Jadi prinsipnya kalau minum obat dalam jangka panjang itu, harus dengan resep dokter,” kata Prof Zubairi dalam unggahannya yang dikutip radarcirebon.com, Sabtu, 22, Oktober 2022.

Dijelaskan Prof Zubairi, segala jenis obat yang dikonsumsi melewati ginjal lebih dahulu. Karena itu, jangan mengkonsumsi obat sembarangan.

Berikut adalah beberapa jenis obat yang dapat merusak ginjal bila dikonsumsi tidak dengan dosis tepat dan atas resep dokter.

Pereda Nyeri

Seperti dilansir dari National Kidney Foundation, obat pereda nyeri bahkan yang dijual bebas dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Beberapa jenis obat ini seperti ibuprofen dan aspirin. Karena itu, perlu resep dan saran dokter agar mendapat dosis tepat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan