Faktor Lingkungan Menjadi Salah Satu Potensi Bahaya Ketika Berkendara Sepeda Motor

JABAR EKSPRES – Dalam berkendara baik menggunakan sepeda motor atau mobil akan menjumpai berbagai macam potensi bahaya yang biasanya muncul di jalan raya. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya adalah faktor lingkungan.

Demmy Firmansyah selaku Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), faktor lingkungan merupakan salah satu faktor yang harus kita perhatikan ketika kita sedang berkendara. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan kecelakaan pada pengendara dalam faktor lingkungan mulai dari cuaca hingga kondisi jalan raya.

Pertama adalah cuaca, berhadapan dengan kondisi cuaca di Indonesia yang tropis maka harus memperhatikan ketika musim penghujan saat berkendara. Dalam hal ini cuaca di musim hujan bisa membahayakan pengendara karena apabila intensitas hujan cukup besar dan seseorang tetap berkendara dalam keadaan hujan besar, maka dapat mengganggu visibilitas seorang pengendara. Penglihatan pengendara menjadi tidak jelas karena air hujan yang menghalangi kaca helm.

“Dalam kondisi hujan jalanan bisa menjadi lebih licin dari biasanya dan bisa menyebabkan kecelakaan apabila pengendara tidak berhati-hati saat berkendara atau tidak menguasai motor yang dikendarainya maka kecelakaan pun tidak akan terhindarkan sehingga dapat berakibat fatal,” ujar Demmy.

Kedua, keadaan lingkungan seperti kondisi jalan raya juga dapat menjadi penyebab terjadinya suatu kecelakaan bagi pengendara, kondisi jalan berlubang dan jalan yang tidak rata bisa membuat pengendara terjatuh karena menginjak lubang atau hilang kontrol saat berkendara. Selain itu, jalan berlubang juga bisa menyebabkan  terjadinya genangan air dijalan atau bahkan banjir. Hal ini bisa terjadi terhadap jalan raya di Indonesia dikarenakan drainase yang kurang baik di pinggir jalan.

Genangan air hingga banjir dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan karena pengendara tidak bisa melihat jalan yang dilalui oleh motornya, bisa saja melewati lubang yang besar atau masuk kedalam kubangan yang dalam.

Kondisi jalanan yang begitu padat juga bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan dalam hal ini pengguna jalan lain saat berkendara, yaitu pengendara motor yang lainnya, pengemudi mobil, dan pejalan kaki juga bisa menjadi potensi bahaya yang menyebabkan kecelakaan pada pengendara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan