Benarkah Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah Bid’ah, Berikut Penjelasan dan Hukumnya

JABAREKSPRES.COM – Peringatan Maulid nabi Muhammad SAW hingga sekarang masih menjadi polemik. Banyak kalangan yang mengatakan bahwa memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah sebuah bid’ah atau mengada-ada. Sebagian kalangan lagi membolehkan bahkan menganjurkan, karena itu adalah peristiwa besar.

Jadi sebenarnya bagai mana hukum dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, apakah boleh dan tidak.

Dilansir dari laman mui.or.id, ada penjelasan mengenai hal tersebut.

Peringatan hari kelahiran Nabi disebutkan dalam tulisan tersebut boleh dilakukan. Meski diakui bahwa memperingati  Maulid Nabi Muhammad SAW memang termasuk dalam bid’ah.

Namun bid’ah yang dimaksud disini adalah bid’ah hasanah (sesuatu yang baik), bukan Bid’ah dhalalah (mengada-ada yang buruk).

Hal ini didasarkan pada tidak adanya dalil-dalil yang mengharamkan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, bahkan jika diteliti malah terdapat dalil-dalil yang membolehkannya.

Bid’ah Hasanah adalah sesuatu yang tidak dilakukan oleh Nabi maupun para sahabatnya namun perbuatan itu memiliki nilai kebaikan dan tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Sedangkan bid’ah dhalalh adalah perbuatan baru dalam agama yang bertentangan dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits.

Kebolehan memperingati Maulid Nabi memiliki argumentasi syar’i yang kuat. Seperti Rasulullah SAW merayakan kelahiran dan penerimaan wahyunya dengan cara berpuasa setiap hari kelahirannya, yaitu setiap hari senin Nabi SAW berpuasa untuk mensyukuri kelahiran dan awal penerimaan wahyunya.

عَنْ أَبِيْ قَتَادَةَ الأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ الْإِثْنَيْنِ فَقَالَ” : فِيْهِ وُلِدْتُ وَفِيْهِ أُنْزِلَ عَلَيَّ .” رواه مسلم
“Dari Abi Qotadah al-Anshori RA sesungguhnya Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai puasa hari senin. Rasulullah SAW menjawab: Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku”. (H.R. Muslim)

Kita juga dianjurkan untuk bergembira atas rahmat dan karunia Allah SWT kepada kita. Termasuk kelahiran Nabi Muhammad SAW. Yang membawa rahmat kepada alam semesta. Allah SWT berfirman:

قُلْ بِفَضْلِ اللّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُواْ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُونَ
“Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan. (QS.Yunus:58).

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari. Hadits itu menerangkan bahwa pada setiap hari senin, Abu Lahab diringankan siksanya di Neraka dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan