Fitur ‘NFT’ Kini Tersedia di Facebook dan Instagram, Yang Ingin Seperti Ghozali, Begini Caranya

Namun, pantauan KompasTekno, menu Digital Collectibles belum muncul di aplikasi Facebook versi 386.0.0.35.108 di ponsel Android.

NFT bakal muncul di profil pengguna
Setelah kreator atau kolektor mengunggah koleksi digitalnya, koleksi itu akan dipajang di profil pengguna. Koleksi itu akan menampilkan efek berkilau.

Selain itu, koleksi Non Fungible Token juga akan ditandai dengan simbol centang dalam bidang segienam. Simbol itu disertai dengan keterangan “Digital Collectible”.

Ketika simbol tersebut diklik, pengguna bisa melihat informasi soal koleksi NFT tersebut. Misalnya, seperti informasi pembuat NFT, pemilik NFT, deskripsi NFT, jenis blockchain yang digunakan pada NFT, hingga marketplace tempat penjualan NFT tersebut.

Saat ini, beberapa blockchain yang didukung oleh fitur NFT Instagram adalah Ethereum, Polygon, dan Flow. Blockchain Solana disebut akan menyusul.

Fitur NFT ini juga bakal melakukan penandaan (tagging) otomatis dari kreator dan kolektor. Kreator dan kolektor dapat secara otomatis ditandai di postingan koleksi digital (tergantung pada pengaturan privasi mereka). Lihat Foto Ilustrasi fitur NFT di Instagram yang bisa

Sebagai contoh, dalam peluncuran fitur NFT Instagram di Indonesia ini, Instagram menggandeng Sultan Gustaf Al Ghozali.

Nah, dalam peluncuran fitur NFT ini, Ghozali membuat NFT khusus yang menampilkan selfie khas dirinya yang sedang memegang logo Instagram.

Country Director Meta di Indonesia, Pieter Lydian, melalui akun Instagram pribadinya dengan handle @pieterlydian, memperlihatkan Non Fungible Token Ghozali itu dimiliki oleh Pieter dan dapat dibagikan langsung ke posting feed Instagram.

Dalam postingan, akun Instagram Pieter (@pieterlydian) ditandai sebagai pemilik NFT, sementara akun Instagram Ghozali (@ghozaliphoto) ditandai sebagai kreator NFT. Posting koleksi NFT ini juga bisa dibagikan ke Instagram Stories maupun direct message.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan