Pendidikan Kering

 

Budi Utomo

Falsafah Jawa memang banyak yang bagus. Ya karena sudah berevolusi dipengaruhi begitu banyak budaya lokal dan regional bahkan global dalam prosesnya selama 2000 tahun. Jokowi unggul karena filosofi/ filsafat/ falsafah/ philosophy: Lamun Siro Sekti Ojo Mateni. Walau Anda Sakti Jangan Membunuh. Lamun Siro Banther Ojo Ndhisiki. Walau Anda Cepat Jangan Mendahului. Lamun Siro Pinter Ojo Minteri. Walau Anda Pintar Jangan Sok Pintar. Rahayu.

 

Budi Utomo

Koh Liam Then. Saya setuju Sha Wu Jing 沙悟净 orang Timur Tengah karena ada simbol bulan sabit di ikat kepalanya. Tapi bisa juga India khususnya penganut Shiva/Siwa yang juga kalau kita perhatikan dengan cermat ada simbol bulan sabit di kepalanya. Hmmm. Kalau dari penelitian arkeologis, agama Hindu telah menyebar ke Arab pada awal Masehi. Sama seperti agama Hindu menyebar ke Nusantara pada awal Masehi. Lalu Sun Wu Kong 孙悟空 alias Sun Go Kong itu adalah personifikasi orang Turki. Kala Dinasti Tang, orang Turkilah yang menyebarkan agama Buddha ke Tiongkok. Turki itu bangsa nomaden yang juga ditakuti orang Tiongkok. Saat itu orang Turki memuja Avalokitesvara alias Guan Yin / Kwan Im. Makanya Sun Go Kong diceritakan tunduk sama Kwan Im. Sedangkan 猪八戒 alias Cu Pat Kai adalah personifikasi orang Mongolia! Senang memperkosa wanita! Wkwkwk

 

Liam Then

Off topic lagi, tapi masih nempel dikit ke Tiongkok. Saya pernah mendengar,entah dari siapa, saya tak ingat. Orang ini bilang ; “coba kau lihat kisah Journey To the West, ( yang kata Wikipedia terbit pada abad ke 16 ) Sun Go Kong seperti personifikasi karakter orang barat yang mischiveous ,yang penuh rasa ingin tahu dan banyak akal , Cu Pat Kay untuk karakter orang cina, dan Sha wujing personafikasi orang Timur Tengah yang kuat dan serius. Bersama guru mereka, bersama berangkat ke barat. Menjemput ilmu kesejatian. Tujuan akhir ras manusia.”

Tinggalkan Balasan