Pawai Dongdang Ramaikan Mapag Mulud 2022 di Bogor

BOGOR- Warga Desa Lemah Duhur tumpah ruah menyaksikan dan mengikuti pawai dongdang dalam kegiatan “Mapag bulan mulud 2022” di Jalan Cimande, Desa Lemah Duhur, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Minggu 25 September 2022.

Dari hasil Pantauan JabarEkspres.com, sejumlah warga membawa hasil bumi yang dihiasi dengan dongdang seperti sayuran, beras, buah-buahan dan yang lainnya untuk dibawa kebalai desa lemah duhur.

Kegiatan yang dihelat setiap tahunnya itu bertujuan untuk menyambut datangnya bulan maulid nabi Muhammad Saw yang jatuh pada tanggal 7 Oktober 2022.

Kepala Desa Lemah Duhur Ujang Najmudin menjelaskan, pawai dongdang tersebut rutin diadakan setiap tahunnya, namun saat pandemi Covid-19 kegiatan ini sempat tertunda.

“Mapag bulan ini baru kembali digelar setelah dua terdampak Covid-19, antusias masyarakat cukup tinggi, karena selain pagelaran seni juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Ujang Najmudin kepada JabarEkspres.com.

Mapag bulan mulud sendiri merupakan kegiatan yang dihelat umat islam dalam menyambut hari kelahiran nabi Muhammad Swt.

Pawai dongdang yang dihelat oleh Pemerintah Desa (Pemdes) lemah duhur tersebut diikuti sebanyak 36 RT 3 Rw dengan jumlah dongdang sebanyak 21.

” Kepala kadus telah berpartisipasi mengikuti pawai dongdang, kemudian pentas seni budaya dan malamnya tabligh akbar,” tambahnya.

Ujang Najmudin berharap kegiatan mapag bulan ini bisa menjadi agenda tahunan pemerintah Kabupaten Bogor karena ini merupakan warisan budaya dari para leluhur yang ada di Cimande.

“Saya berharap ini bisa masuk dalam event kabupaten Bogor, karena selain giat mapag bulan, disini ada wisata religi dan ngebungbang (peringatan mulud) yang sudah puluhan tahun digelar di Cimande,”pungkasnya*** (SFR)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan