Lagu Ulang Tahun Panjang Umurnya Ternyata Bukan dari Indonesia, Ini Lirik Aslinya

JAKARTA – Lagu perayaan ulang tahun berjudul Panjang Umurnya yang sering dilantunkan masyarakat Indonesia ternyata berasal dari Belanda.

Lagu ini merupakan adaptasi dari lagu berjudul Lang zal hij level. Bahkan melodi dalam musiknya telah digunakan sejak abad ke-18 dalam karya Mozart, Haydn dan Carl Michael Bellman.

Selain itu, lagu Panjang Umurnya juga sering disandingkan dengan lagu asal Swedia bertajuk Ja, ma han/hon leva serta lagu dari Afrika Lank sal hy/sy/hul lewe dan lagu dari Rumania ‘Multi ani traiasca.

Pada lirik lagu ulang tahun atau Panjang Umurnya versi Belanda, Panjang Umurnya dibedakan atas jenis kelamin orang yang sedang berulang tahun. Jika perempuan, maka liriknya akan berbunyi “Lang zullen ze leven,” sedangkan laki-laki akan berbunyi “Lang zal hij level”

Lirik Lagu Panjang Umurnya versi Indonesia

Panjang umurnya

Panjang umurnya

Panjang umurnya serta mulia

Serta mulia

Serta mulia

Lirik Lagu Panjang Umurnya versi Belanda

Lang zal hij level

Lang zal hij level

Lang zal hij level in de gloria

In de gloria

In de gloria.

Bagaimana? Apakah kamu juga baru mengetahui kalau Lagu “Panjang Umurnya” berasal dari Belanda?

Asal Lagu Selamat Ulang Tahun

Lagu Selamat “Ulang Tahun” yang sering kita dengar dan nyanyikan, ternyata tidak banyak yang mengetahui sejarah dari lagu tersebut. Dilansir brilio dari berbagai sumber, lagu selamat ulang tahun sudah ada sejak 1893.

Awalnya judul lagu selamat ulang tahun ini bukan Happy Birthday To You, melainkan Good Morning to All yang diciptakan oleh oleh Mildred Hill, seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat.

Good morning to you,

Good morning to you,

Good morning, dear children,

Good morning to all.

Lagu ini dicipatakan oleh Mildred Hill untu menyambut kedatangan anak-anak di sekolah. Menariknya, lagunya ini bahkan masuk dalam buku deretan lagu anak-anak di Amerika Serikat. Lagu ini menjadi begitu terkenal dan menjadi lagu wajib bagi setiap murid TK setiap paginya.

Tinggalkan Balasan