Shopee Buka Lowongan Kerja Terbaru setelah Lakukan PHK Massal

JAKARTA – Belum lama ini, Shopee Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal, e-commerce SEA Group ini langsung membuka lowongan kerja.

Terlepas dari informasi lowongan kerja Shopee Indonesia terbaru, PHK dilakukan sebagai langkah terakhir perusahaan dalam menghadapi perubahan ekonomi global, khususnya di Indonesia.

Melansir dari Bisnis.com, pada kuartal I/2022 jumlah karyawan Shopee tercatat 6.232 karyawan, ini berarti 3 persen dari 6.232 karyawan adalah 187 orang, baik di entry level sampai c-level. PHK menyeret 3 persen dari total karyawan Shopee di indonesia.

“Sekitar tiga persen yang terkena PHK,” ujar sumber tersebut kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Namun setelah melakukan PHK massal, Shopee Indonesia  langsung membuka lowongan kerja terbaru. Pekerjaan terbaru ini berada di daerah luar Jakarta, seperti Jawa Barat, Pekanbaru, Denpasar, dan Malang.

Adapun lowongan untuk di luar Jakarta masih terdapat untuk posisi Admin Payroll BPO – Shopee Xpress , Performance Management Shopee Express, dan Account Executive.

Penyabab Shopee lakukan PHK Massal

Sebelumnya, Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menjelaskan bahwa dengan berat hati perusahaan harus melepas sejumlah karyawannya.

Keputusan ini merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh, setelah melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis.

“Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sangat sulit,” katanya dalam keterangan resmi, Senin 19 September 2022.

Tanpa menyebutkan jumlah pegawai yang terkena PHK, Radynal menjelaskan, langkah efisiensi sejalan dengan fokus perusahaan secara global untuk mencapai kemandirian dan keberlanjutan.

Keduanya dianggap sebagai komponen penting dalam menjalankan bisnis di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.

“Perusahaan akan berfokus ke pertumbuhan bisnis yang mandiri serta berkelanjutan, dan kami ingin memperkuat dan memastikan operasional perusahaan kami stabil di situasi ekonomi saat ini,” kata dia.

Shopee juga memastikan setiap karyawan yang terdampak PHK akan mendapatkan pesangon serta tambahan satu bulan gaji.

” Proses ini akan dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah. Karyawan terdampak akan mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan, dengan tambahan satu bulan gaji,” kata Radynal.

Tinggalkan Balasan