Taiwan Diguncang Gempa Dahsyat 7,2 Magnitudo, Peringatan Tsunami Diumumkan

JABAREKSPRES.COM – Taiwan sedang dilanda kepanikan, paska gempa bumi dahsyat yang dilaporkan terjadi di negara tersebut sejak sabtu (17/9). Gempa susulan yang mengguncang Taiwan tenggara pada Minggu disebut lebih besar dari sebelumnya yakni kekuatan 7,2 Magnitudo.

Namun keterangan berbeda dikeluarkan oleh Badan cuaca Taiwan, yang menyebutkan gempa tersebut berkekuatan 6,8 magnitudo. Sementara menurut Survei Geologi AS — lembaga pemerintah AS peneliti geologi, kekuatan gempa adalah 7,2 magnitudo dan ada di kedalaman 10 kilometer.

Gempa dahsyat yang melanda Taiwan disebut memicu tsunami, Pusat Peringatan Tsunami AS yang mengeluarkan peringatan tsunami di Taiwan tersebut.

Peringatan itu menyebutkan bahwa gelombang tsunami yang berbahaya kemungkinan dapat terjadi dalam jarak 300 kilometer dari pusat gempa di sepanjang pantai Taiwan.

Badan cuaca Taiwan mengatakan bahwa pusat gempa berada di daerah Taitung serta mengikuti gempa berkekuatan magnitudo 6,4 pada Sabtu (17/9) malam di area yang sama, dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Media Taiwan menyebutkan bahwa sebuah gedung bertingkat rendah yang berisi toko serba ada runtuh. Tim penyelamatan mulai mengeluarkan orang-orang yang berada di dalam bangunan itu.

Selain itu gempa juga menyebabkan banyak kerusakan hingga gerbong kereta tergelincir. Badan Kereta Api Taiwan mengatakan tiga gerbong kereta tergelincir dari rel di Stasiun Dongli di Taiwan bagian timur setelah bagian kanopi platform runtuh. Sekitar 20 penumpang di dalam gerbong-gerbong itu disebutkan telah dievakuasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.