Cara Perhatian dengan Diri Sendiri, Sudah Self-Love Kah Kamu Hari Ini?

JABAREKSPRES – Kita sering mendengar istilah self-love, tapi seberapa sering kita menerapkannya? Kemungkinan tidak. Padahal perhatian dengan diri sendiri itu penting agar kita tidak menjalani hidup seperti robot atau sekadar menjalani kegiatan dalam mode autopilot.

Dilansir dari Psycology Today, simak beberapa pertanyaan sederhana agar lebih perhatian dengan diri sendiri :

1. Apa yang kurasakan?

Ketika ada orang menanyakan kabar kita, mungkin kita akan otomatis jawab, “Baik.” Namun, kalau kita menanyakannya dengan diri sendiri, kita tentu tidak bisa memalsukan jawaban.

Pertanyaan ini penting ditanyakan agar kita tidak sekadar berkegiatan tanpa tahu apa maknanya buat kita.

2. Bagaimana kondisi tubuhku?

Ketika dalam situasi tertentu, mungkin kita tidak bisa berekspresi secara verbal, tapi ekspresi nonverbal akan tetap ada.

Contohnya, saat merasa leher lebih kencang, saat merasa cemas, merasa mual, dan banyak lagi. Menyadari kondisi tubuh sendiri akan membantu kita memahami perasaan yang sedang muncul.

3. Apa yang sering ada di pikiranku saat ini?

Pikiran kita selalu berjalan dan terus berseliweran berbagai hal. Kita perlu tahu apa tema terbesar yang selalu ada di pikiran kita. Ini agar kita tahu hal apa yang lagi benar-benar menempati pikiran kita dan bisa ambil tindakan pendukung jika diperlukan.

4. Bagaimana caraku merespons pada lingkungan atau situasi?

Saat kita berada di situasi tertentu, mungkin secara nggak sadar kita berperilaku berbeda dari biasanya. Nah, ini yang perlu direfleksikan. Mungkin kita gak langsung paham akan perasaan kita saat ini. Maka dari itu, kita perlu merenungi diri sendiri agar tahu penyebab di balik perasaan tersebut.

5. Apa yang dirasakan indraku?

Teknik yang cukup dikenal adalah 5 4 3 2 1 grounding. Kita perlu menemukan lima hal yang bisa kita lihat, empat hal yang bisa kita raba, tiga hal yang bisa kita dengar, dua hal yang bisa kita hirup aromanya, dan satu hal yang bisa kita rasakan dalam mulut kita. Ini membantu kita fokus di masa sekarang dan mengurangi kecemasan.

Lima pertanyaan di atas bisa kita tanyakan saat bangun tidur dan jangan dahulu memegang gadget. Saat sedang menyikat gigi, saat atau sesudah makan, saat lagi menunggu lampu lalu lintas, berjalan ke ruangan lain, setelah berbincang, saat ganti baju, saat menunggu lift, saat sedang berjalan, setelah berolahraga, dan banyak lagi. Nah, jangan lupa tanya kabar dirimu sendiri hari ini ya…

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan